Mirip Era Stalin, Rusia Kerahkan Pasukan Storm-Z ke Medan Perang Ukraina

Selasa, 03 Oktober 2023 - 14:03 WIB
loading...
A A A
Kremlin merujuk pertanyaan Reuters ke Kementerian Pertahanan Rusia, yang juga tidak menanggapi permintaan komentar.

Media yang dikendalikan pemerintah Rusia telah melaporkan bahwa pasukan Storm-Z memang ada, mereka ikut serta dalam pertempuran sengit dan beberapa anggotanya menerima medali atas keberaniannya. Namun media tersebut belum mengungkapkan bagaimana mereka terbentuk, atau kerugian yang mereka alami.

Seperti prajurit dari unit nomor 40318, 13 orang yang diwawancarai—yang juga termasuk empat kerabat anggota Storm-Z serta tiga tentara di unit reguler yang berinteraksi dengan regu—semuanya meminta agar tidak disebutkan namanya, dengan alasan takut akan pembalasan.

Reuters memverifikasi identitas semua petempur yang terlibat menggunakan catatan kriminal, akun media sosial, atau dengan berbicara dengan rekan prajurit dan keluarga mereka.

Pasukan napi, yang masing-masing beranggotakan 100-150 orang dan ditempatkan di dalam unit tentara reguler, biasanya dikirim ke bagian paling terbuka di garis depan dan seringkali mengalami kerugian besar, menurut wawancara Reuters dengan orang-orang tersebut, yang mengidentifikasi setidaknya lima pasukan Storm-Z berjuang untuk mengusir serangan balasan Ukraina di timur dan selatan.

Tiga dari lima petempur Storm-Z yang diwawancarai oleh Reuters, dan kerabat dari tiga petempur Storm-Z lainnya, menggambarkan pertempuran mengerikan yang menyebabkan sebagian besar pasukan mereka musnah.

Seorang petempur, yang dihukum karena pencurian dan direkrut dari penjara, mengatakan semua kecuali 15 dari 120 orang di unitnya yang tergabung dalam resimen ke-237 tewas atau terluka dalam pertempuran di dekat Bakhmut pada bulan Juni.

Pengerahan pasukan tersebut menandai keberangkatan orang-orang Rusia di Ukraina: sementara kelompok tentara bayaran Wagner—yang sekarang dibubarkan setelah pemberontakan bulan Juni—mengirim narapidana untuk berperang di garis depan, unit Storm-Z berada di bawah komando langsung Kementerian Pertahanan.

Orang-orang yang diwawancarai mengatakan pasukan tersebut juga menggabungkan narapidana yang secara sukarela berperang dengan imbalan janji pengampunan, dan tentara reguler yang dihukum karena pelanggaran disiplin.

Pasukan Storm-Z berguna bagi Kementerian Pertahanan Rusia karena mereka dapat dikerahkan sebagai infanteri yang dapat dibuang, menurut Conflict Intelligence Team, sebuah organisasi independen yang memantau perang di Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1603 seconds (0.1#10.140)