40 Hari Kematian Bos Wagner, Pelayat Puji Prigozhin sebagai Pahlawan Rusia

Senin, 02 Oktober 2023 - 10:12 WIB
loading...
A A A
“Dia kharismatik dan yang penting dia dekat dengan para petempur dan rakyat. Dan itulah mengapa dia menjadi populer baik di Rusia maupun di luar negeri,” lanjut badan tersebut.

Pemberontakan Prigozhin terhadap kepemimpinan militer Rusia merupakan tantangan terbesar bagi pemerintahan Presiden Vladimir Putin sejak mantan mata-mata KGB itu berkuasa pada tahun 1999.

Para diplomat Barat mengatakan hal itu mengungkap ketegangan yang dialami Rusia akibat perang di Ukraina.

Setelah berbulan-bulan menghina petinggi militer Rusia dengan berbagai umpatan kasar dan bahasa gaul penjara karena kegagalan mereka dalam berperang di Ukraina dengan baik, Prigozhin mengambil kendali atas kota selatan, Rostov, pada akhir Juni.

Para tentara bayaran Wagner saat itu menembak jatuh sejumlah pesawat Rusia, membunuh pilotnya, dan maju menuju Moskow sebelum mundur 200 km (125 mil) dari ibu kota.

Putin awalnya menyebut Prigozhin sebagai pengkhianat yang pemberontakannya dapat menyebabkan Rusia terlibat dalam perang saudara, meskipun dia kemudian membuat kesepakatan dengannya untuk meredakan krisis tersebut.

Para pelayat berbicara tentang rasa hormat terhadap Prigozhin.

“Dia benar-benar otoritas, seorang pemimpin,” kata Mikhail, seorang prajurit di angkatan bersenjata Rusia yang menolak menyebutkan nama keduanya, kepada Reuters.

Warga Moskow, Marta, yang juga menolak memberikan nama belakangnya, mengatakan masyarakat percaya pada Prigozhin namun Wagner telah “dipenggal” oleh kematian dia dan salah satu pendirinya, Dmitry Utkin.

“Harapan akan keadilan mati bersamanya,” katanya. “Orang-orang percaya padanya.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1927 seconds (0.1#10.140)