10 Negara Penganut Sikhisme Terbanyak di Dunia, Nomor 7 Tetangga Indonesia

Sabtu, 30 September 2023 - 21:25 WIB
loading...
10 Negara Penganut Sikhisme Terbanyak di Dunia, Nomor 7 Tetangga Indonesia
Sikhisme menjadi perhatian dunia setelah ketegangan antara Kanada dan India. Foto/Reuters
A A A
OTTAWA - Sikhisme, agama terpopuler kelima di dunia, adalah agama monoteistik yang meyakini kesetaraan dan pelayanan kepada orang lain.

“Semua orang sama,” kata Raghunandan Johar, presiden Misi Guru Nanak di Atlanta, Amerika Serikat , dilansir CNN. “Tidak ada perbedaan, tidak ada sistem kasta.”

Navdeep Singh, penasihat kebijakan Dana Pendidikan dan Pertahanan Hukum Amerika Sikh, mengatakan orang Sikh percaya pada kebebasan beragama, pelayanan masyarakat, dan inklusivitas.

Di kuil, atau gurdwara, tempat umat Sikh mengadakan kebaktian, semua orang dipersilakan.

“Anda bisa datang dan menjadi setara,” katanya.

Ada 25 juta orang Sikh di seluruh dunia, kata Singh, dan sekitar 700.000 di antaranya tinggal di Amerika Serikat. Kebanyakan penganut Sikh berada di India.

Umat Sikh tidak mempunyai hari ibadah tertentu, namun karena minggu kerja di Amerika, hari Minggu adalah hari yang populer untuk beribadah. Johar mengatakan gurdwaranya mengadakan kebaktian formal pada hari Rabu dan Jumat, selain hari Minggu.

10 Negara Penganut Sikhisme Terbanyak di Dunia, Nomor 7 Tetangga Indonesia

Foto/Reuters

Di gurdwara pada umumnya, pintu dibuka pada pukul 6 pagi untuk sembahyang. Layanan formal mencakup nyanyian himne dan tim pemimpin yang telah mempelajari bacaan iman dari Guru Granth Sahib, kitab suci Sikhisme. Buku tersebut, yang panjangnya lebih dari 1.400 halaman, memuat tulisan-tulisan dari 10 guru Sikhisme serta penulis dari agama lain.

Ini adalah contoh inklusivitas Sikhisme, kata Johar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0874 seconds (0.1#10.140)