10 Pemimpin Dunia yang Menggunakan Astrologi sebagai Panduan

Sabtu, 30 September 2023 - 19:25 WIB
loading...
A A A
Meskipun tidak jelas bagaimana perasaan Raja Hammurabi sendiri tentang astrologi dalam kehidupan pribadinya, para sejarawan percaya bahwa sangat mungkin bahwa hukuman keras yang diuraikan dalam Kode Hammurabi dipengaruhi oleh pergerakan planet. Hal-hal seperti “mata ganti mata” dan penusukan terhadap kekasih yang tidak setia menunjukkan adanya pengaruh dan inspirasi kosmis.

6. Albrecht Von Wallenstein

Albrecht Von Wallenstein adalah seorang jenderal Katolik yang memimpin pasukan Kaisar Ferdinand II selama Perang Tiga Puluh Tahun. Dari tahun 1625 hingga 1632, ia mencapai kesuksesan yang signifikan dalam pertempuran melawan Swedia. Sebagian besar dari itu dia kaitkan dengan bagan astrologinya.

Ketika ia berusia 25 tahun, pada tahun 1608, ia mencari ilmuwan dan astronom terkenal Johannes Kepler untuk membuatkan horoskop untuknya. Catatan Kepler dari bacaan tersebut sangat baik. Mereka menyatakan “sifat Wallenstein yang tidak biasa akan mampu melakukan perbuatan besar” karena penempatan Mars yang menonjol dalam bagan kelahirannya.

Wallenstein mencamkan prediksi ini. Dia mengandalkan grafiknya sepanjang perang. Untuk sebagian besarnya, kesuksesan sudah di depan mata. Namun sebelum Pertempuran Lutzen yang krusial pada tahun 1632, Wallenstein mencari bacaan astrologi lain. Dalam hal itu, dia diberitahu bahwa segala sesuatunya tidak akan berjalan baik baginya.

Apakah ini memengaruhi kinerjanya atau sekadar akurat, kita tidak akan pernah tahu. Namun hasilnya adalah masa perang yang brutal. Wallenstein menderita kekalahan di tangan Swedia dan kemudian kehilangan banyak tugasnya sebagai jenderal.

7. Charles de Gaulle dan Francois Mitterand

Tidak mengherankan bagi mereka yang berada di pemerintahan ketika Francois Mitterrand, mendiang presiden Perancis, berkonsultasi dengan para astrolog untuk membantunya mengambil keputusan.

Bagaimanapun, presiden Prancis sebelumnya Charles de Gaulle juga pernah menggunakan ahli astrologi untuk mendapatkan bantuan pada tahun 1960an. Jadi melihat penggantinya beberapa dekade kemudian berkonsultasi dengan bintang-bintang, pada saat itu, merupakan kejadian yang wajar di Prancis.

Namun, hal ini tidak luput dari pengawasan di seluruh dunia setelah para pemimpin lain dan masyarakat umum mengetahui ketergantungan Mitterand pada ahli nujum. Selama masa kepresidenan Mitterrand pada awal tahun 1990-an, ia secara teratur meminta nasihat dari Elizabeth Teissier. Dia meminta bantuannya, terutama ketika mencoba menyelesaikan Perang Teluk yang sulit dan menegangkan.

Sebelum pertemuan penting tentang keterlibatan Prancis dalam konflik tersebut, Teissier menelepon Mitterrand untuk memberi tahu dia bahwa hari pertemuan itu akan menguntungkannya. Mitterrand kemudian melaporkan bahwa menteri luar negeri Irak lebih banyak bicara daripada biasanya selama negosiasi.

Ia melihat hal itu sebagai pertanda baik bagi kelanjutan keterlibatan Prancis dalam perang tersebut. Dan dia melihat prediksi Teissier sebagai tanda bahwa dia tahu apa yang akan terjadi. Jadi dia menemuinya lagi segera setelah itu. Kemudian dalam masa kepresidenannya, Mitterrand bertanya kepada Teissier kapan hari terbaik untuk memberikan pidato tentang kemajuan perang. Dia menyarankan hari Minggu, Senin, atau Selasa—dan dia mengindahkan nasihatnya.

8. Ratu Elizabeth I

Ratu Elizabeth I diketahui meminta nasihat astrolog John Dee dalam semua keputusannya. Yang paling terkenal, salah satu konsultasi terjadi pada saat dia berisiko dieksekusi oleh saudara perempuannya, Ratu Mary I.

Ketika Dee memeriksa bagan kelahiran Elizabeth, dia memperkirakan bahwa sebenarnya Mary-lah yang akan mati mendadak. Elizabeth, menurutnya, akan naik takhta dan memerintah sebagai gantinya. Itulah yang sebenarnya terjadi, dan Elizabeth tidak pernah melupakan ramalannya.

Keakuratan Dee dalam pembacaan ini mengukuhkan posisinya sebagai penasihat utama Elizabeth selama sisa masa pemerintahannya. Namun bagi masyarakat umum, hal itu sudah diduga.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1081 seconds (0.1#10.140)