Pertama dalam Hampir 30 Tahun, PBB Akan Kirim Misi ke Nagorno-Karabakh

Sabtu, 30 September 2023 - 13:03 WIB
loading...
Pertama dalam Hampir 30 Tahun, PBB Akan Kirim Misi ke Nagorno-Karabakh
Pertama dalam hampir 30 tahun, PBB akan kirim misi ke Nagorno-Karabakh. Foto/Ilustrasi
A A A
NEW YORK - PBB akan mengirimkan misi ke Nagorno-Karabakh untuk pertama kalinya dalam 30 tahun. Organisasi internasional itu akan berupaya memenuhi kebutuhan kemanusiaan setelah Azerbaijan merebut kembali wilayah tersebut dan memicu eksodus pengungsi dalam jumlah besar.

“Pemerintah Azerbaijan dan PBB telah menyepakati misi ke wilayah tersebut. Misi tersebut akan berlangsung selama akhir pekan,” kata juru bicara Sekretaris Jenderal PBB, Stephane Dujarric, seperti dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (30/9/2023).

“Kami sudah tidak memiliki akses ke sana selama 30 tahun,karena situasi geopolitik yang sangat rumit dan rumit,” kata imbuhnya.

“Jadi, sangat penting bagi kami untuk bisa masuk,” lanjutnya, seraya menambahkan bahwa misi tersebut akan dilakukan melalui udara dari Azerbaijan.



Ia mengungkapkan sebuah tim beranggotakan sekitar selusin orang yang dipimpin oleh departemen urusan kemanusiaan PBB akan menilai kebutuhan orang-orang yang tetap berada di wilayah tersebut dan mereka yang berpindah.

“Dan tentu saja, hal ini perlu diingatkan akan perlunya setiap orang menghormati hukum internasional dan khususnya hukum hak asasi manusia internasional,” tukasnya.

Pengumuman tersebut muncul setelah Armenia meminta Mahkamah Internasional untuk memerintahkan Azerbaijan menarik semua pasukannya dari wilayah sipil di Nagorno-Karabakh sehingga PBB memiliki akses yang aman, kata lembaga peradilan internasional itu.

Mahkamah Internasional pada bulan Februari memerintahkan Azerbaijan untuk memastikan pergerakan bebas melalui koridor Lachin ke dan dari wilayah yang disengketakan, yang kemudian merupakan langkah perantara dalam perselisihan hukum dengan negara tetangganya, Armenia.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)