Menyerah, Pemimpin Armenia Karabakh Bubarkan Pemerintahan

Kamis, 28 September 2023 - 23:17 WIB
loading...
Menyerah, Pemimpin Armenia Karabakh Bubarkan Pemerintahan
Warga etnis Armenia berbondong-bondong meninggalkan Nagorno-Karabakh setelah wilayah itu dikuasai oleh Azerbaijan. Foto/San-Diego Union Tribune
A A A
GORIS - Pemimpin Republik Nagorno-Karabakh , Samvel Shahramanyan, mengatakan negara itu akan lenyap pada tahun baru. Ia telah menandatangani perintah pembubaran semua lembaga negara mulai 1 Januari mendatang.

Wilayah yang telah dikuasai Armenia selama tiga dekade itu berhasil direbut oleh Azerbaijan pekan lalu. Menurut para pejabat, lebih dari separuh penduduk mayoritas etnis Armenia kini telah melarikan diri.

Wilayah ini diakui secara internasional sebagai bagian dari Azerbaijan tetapi Armenia mengambil kendali pada tahun 1990an setelah runtuhnya Uni Soviet.

Shahramanyan mengatakan keputusan untuk membubarkan negara tersebut didasarkan pada prioritas untuk menjamin keamanan fisik dan kepentingan vital rakyat, merujuk pada perjanjian Azerbaijan bahwa perjalanan bebas, sukarela dan tanpa hambatan dijamin bagi penduduk.

Ia mendorong masyarakat Nagorno-Karabakh, termasuk mereka yang saat ini tinggal di luar Nagorno-Karabakh, untuk membiasakan diri dengan syarat-syarat reintegrasi ke Azerbaijan. Pembicaraan antara Baku dan otoritas Karabakh telah dimulai mengenai hal ini.

Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan memperkirakan tidak akan ada lagi warga Armenia yang tersisa di Nagorno-Karabakh dalam beberapa hari mendatang.



Ketakutan akan kekerasan baru muncul ketika Azerbaijan melancarkan blokade efektif terhadap rute penting menuju wilayah kantong tersebut pada bulan Desember 2022.

Pada tanggal 20 September, gencatan senjata mengakhiri pertempuran selama 24 jam.

Namun banyak dari 120.000 etnis Armenia di wilayah tersebut khawatir mereka tidak memiliki masa depan di Nagorno-Karabakh. Pashinyan mengatakan “pembersihan etnis” telah dimulai di wilayah tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1406 seconds (0.1#10.140)