Putin: Rusia Menginginkan Amerika Latin yang Kuat

Sabtu, 30 September 2023 - 11:25 WIB
loading...
Putin: Rusia Menginginkan Amerika Latin yang Kuat
Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Rusia menginginkan Amerika Latin menjadi kuat, mandiri dan sukses, serta ingin mempertahankan dan mengembangkan hubungan dengan setiap negara di kawasan ini. Hal itu diungkapkan Presiden Rusia Vladimir Putin .

Pernyataan tersebut disampaikannya pada hari Jumat, ketika ia berbicara pada upacara pembukaan Konferensi Parlemen Internasional Rusia – Amerika Latin yang pertama di Moskow.

Putin mengatakan Rusia telah lama memiliki pandangan serupa mengenai urusan internasional dengan banyak negara di kawasan ini.



“Amerika Latin selalu berjuang untuk kemerdekaan, dan sejarah benua Anda penuh dengan contoh paling mencolok mengenai hal ini,” katanya seperti dikutip dari RT, Sabtu (30/9/2023).

Dikatakan oleh Putin, negara-negara di kawasan ini telah menjadi pemain penting dalam dunia multipolar yang sedang berkembang, dan mempengaruhi pembentukan sistem hubungan internasional baru yang berdasarkan kesetaraan, keadilan, penghormatan terhadap hukum internasional dan kepentingan sah masing-masing negara.

“Dalam arsitektur polisentris baru ini, negara-negara Amerika Latin, dengan potensi ekonomi dan sumber daya manusia yang sangat besar, serta keinginan mereka untuk menerapkan kebijakan luar negeri yang berdaulat dan independen, akan memainkan salah satu peran utama di dunia. Tidak ada keraguan tentang hal itu,” ujarnya.



"Rusia berupaya untuk memelihara dan mengembangkan hubungan dengan semua negara Amerika Latin dan tetap berkomitmen agar kawasan tersebut tetap kuat, mandiri dan sukses dalam semua persatuan dan keragamannya,” tambah presiden Rusia itu.

Konferensi tersebut, yang diselenggarakan oleh majelis rendah parlemen Rusia, Duma Negara, menghadirkan lebih dari 200 peserta, termasuk anggota parlemen dari negara-negara Amerika Latin dan Karibia.

Konferensi ini akan berlangsung hingga hari Senin dan akan menampilkan berbagai panel serta diskusi meja bundar mengenai berbagai isu internasional, termasuk munculnya berbagai dunia dan menjaga keamanan internasional untuk semua.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)