Presiden Putin Minta Wagner Kembali ke Medan Perang di Ukraina

Jum'at, 29 September 2023 - 22:38 WIB
loading...
Presiden Putin Minta Wagner Kembali ke Medan Perang di Ukraina
Presiden Rusia Vladimir Putin resmi mengendalikan kelompok tentara bayaran Wagner dan meminta mereka berperang di Ukraina. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu dengan salah satu mantan komandan paling senior kelompok tentara bayaran Wagner, Andrei Troshev. Mereka membahas cara terbaik menggunakan "unit sukarelawan" dalam perang Ukraina.

Pertemuan tersebut menggarisbawahi upaya Kremlin untuk menunjukkan bahwa negara kini telah menguasai kelompok tentara bayaran tersebut. Itu dilakukan setelah pemberontakan yang gagal pada bulan Juni oleh bosnya Yevgeny Prigozhin, yang kemudian terbunuh bersama komandan senior lainnya dalam kecelakaan pesawat pada bulan Agustus.

Putin tampil dalam pertemuan di Kremlin dengan Andrei Troshev, mantan komandan Wagner yang dikenal dengan nama samaran "Sedoi" - atau "rambut abu-abu".

Kremlin mengatakan pertemuan itu berlangsung pada Kamis malam (28/9/2023). Wakil Menteri Pertahanan Yunus-Bek Yevkurov, yang telah melakukan perjalanan selama beberapa bulan terakhir ke beberapa negara tempat tentara bayaran Wagner bekerja, juga hadir dan duduk paling dekat dengan Putin.

Berbicara kepada Troshev, Putin mengatakan bahwa mereka telah berbicara tentang bagaimana “unit sukarelawan yang dapat melakukan berbagai tugas tempur, terutama, tentu saja, berada di zona operasi militer khusus.”

“Anda sendiri telah berjuang dalam unit seperti itu selama lebih dari setahun,” kata Putin, dilansir Reuters. “Anda tahu apa itu, bagaimana hal itu dilakukan, Anda tahu tentang masalah-masalah yang perlu diselesaikan terlebih dahulu sehingga pekerjaan tempur berjalan dengan cara terbaik dan paling sukses.”



Putin juga mengatakan dia ingin berbicara tentang dukungan sosial bagi mereka yang terlibat dalam pertempuran tersebut.

Troshev terlihat mendengarkan Putin, mencondongkan tubuh ke depan dan mengangguk, dengan pensil di tangan. Pernyataannya tidak ditampilkan.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada kantor berita RIA bahwa Troshev sekarang bekerja di kementerian pertahanan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0915 seconds (0.1#10.140)