Ukraina: Wagner Tanpa Progozhin Bukan Ancaman Serius

Sabtu, 30 September 2023 - 09:18 WIB
loading...
A A A
Analis konflik di Institute for the Study of War (ISW), sebuah lembaga pemikir berbasis di Washington yang memantau perang dengan cermat, mencatat bahwa pasukan Wagner dikerahkan ke Bakhmut, sebuah kota di Ukraina timur tempat tentara bayaran bertempur selama berbulan-bulan dengan korban jiwa yang sangat besar.

Mereka merebut kota itu pada bulan Mei, namun di tengah kampanye berdarah tersebut menyebabkan ketegangan antara Wagner dan militer reguler Rusia, yang pada akhirnya mengarah pada pemberontakan.



“Konfirmasi Ukraina dan Rusia terhadap beberapa mantan personel Grup Wagner yang dikerahkan ke wilayah Bakhmut menunjukkan bahwa Grup Wagner sedang berjuang untuk melakukan reformasi secara kohesif di sekitar kepemimpinan baru,” tulis para ahli ISW dalam penilaian situasi medan perang saat ini.

“Pengerahan sedikit demi sedikit mantan personel Wagner ke wilayah mana pun di garis depan sepertinya tidak akan menghasilkan dampak strategis atau bahkan dampak lokal yang signifikan di medan perang di Ukraina,” kata para ahli.

Beberapa pejabat pemerintah Ukraina mengulangi penilaian Yevlash dan ISW bahwa kembalinya pejuang Wagner kemungkinan tidak akan menimbulkan dampak signifikan di medan perang.

Mykhailo Podolyak, penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, menyatakan dalam sebuah postingan media sosial bahwa Wagner tidak lagi ada sebagai perusahaan militer swasta karena Prigozhin telah meninggal dan kepemimpinan militer Rusia telah bergerak untuk mengkonsolidasikan kendali atas organisasi tersebut.

“Saat ini, yang ada hanyalah mantan militan kelompok teroris yang tersebar ke segala penjuru: Afrika, kehidupan sipil dan kriminal di wilayah Rusia, atau kontrak dengan Kementerian Pertahanan Rusia sebagai perjanjian untuk memainkan peran terakhir, menutup lubang Rusia di arah Bakhmut untuk waktu yang singkat,” kata Podolyak.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1744 seconds (0.1#10.140)