Ukraina: Tentara Wagner Kembali ke Garis Depan

Jum'at, 29 September 2023 - 05:07 WIB
loading...
Ukraina: Tentara Wagner Kembali ke Garis Depan
Militer Ukraina melaporkan tentara Wagner telah kembali ke garis depan di Bakhmut. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Para tentara yang sebelumnya bertempur di Ukraina untuk kelompok tentara bayaran Rusia , Wagner , telah kembali ke medan perang di timur negara itu. Hal itu diungkapkan militer Ukraina.

Tentara bayaran Wagner sebelumnya telah mundur dari kota Bakhmut di Ukraina timur pada bulan Mei ketika mereka menyerahkan kendali wilayah tersebut kepada militer Rusia.

Menyusul kegagalan pemberontakan kelompok tersebut pada bulan Juni, para ahli keamanan memperkirakan Kremlin akan berusaha untuk lebih menyerap kelompok tersebut ke dalam militer Rusia.

Pada hari Rabu, Wakil Komandan Komunikasi pasukan Ukraina di Timur, Serhii Cherevatyi, mengatakan mantan tentara Wagner telah kembali ke Ukraina. Mereka sekarang bekerja untuk Kementerian Pertahanan Rusia atau struktur afiliasinya dan telah bergabung sebagai individu bukan sebagai satuan.

“Sampai sekarang, ada beberapa ratus dari mereka yang berada di arah kami, di Front Timur, di berbagai wilayah,” kata Cherevatyi seperti dikutip dari CNN, Jumat (29/9/2023).



Namun ia berusaha meremehkan kembalinya para tentara Wagner.

"Pasukan Rusia di Ukraina saat ini kekurangan personel di sana, jadi siapa pun bisa berbuat baik untuk mereka,” ujarnya.

Tentara Ukraina yang mengambil bagian dalam serangan di dekat kota Bakhmut yang terkepung juga mengatakan kepada CNN bahwa mantan pasukan Wagner telah kembali ke daerah tersebut.

“Wagner juga ada di sini,” kata seorang operator drone dengan tanda panggilan “Groove” kepada Fred Pleitgen dari CNN di wilayah timur Ukraina pada hari Selasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1537 seconds (0.1#10.140)