Unggah Video 'Kucing vs Kalajengking', YouTuber AS Picu Kemarahan

Sabtu, 10 Juni 2017 - 11:59 WIB
Unggah Video Kucing vs Kalajengking, YouTuber AS Picu Kemarahan
Unggah Video 'Kucing vs Kalajengking', YouTuber AS Picu Kemarahan
A A A
BANGKOK - Kelompok pecinta satwa di Thailand marah atas video perkelahian kucing dan kalangjengking besar di YouTube yang diunggah selebriti media sosial Amerika Serikat (AS) “My Mate Nate”. YouTuber AS itu dianggap sudah melakukan kekejaman terhadap satwa.

Nama asli My Mate Nate adalah Nate Bartling. Video yang dia unggah menunjukkan bahwa kucing peliharaannya diserang kalanjengking besar. YouTuber AS itu pun akhirnya dilaporkan ke polisi Thailand.

Laporan diajukan Nutch Prasopsin, administrator website Kingdom of Tiger atau Toon Hua Khong Bao di Thailand. Kelompok pecinta satwa ini terkenal di kalangan pemilik kucing, dan pecinta satwa lainnya.

Pejabat polisi Thailand, Kampol Ratanaprateep, mengaku sudah menerima laporan atau aduan dengan bukti video perkelahian kucing dengan kalajengking besar. Tindakan tersebut dianggap sebagai pelanggaran hukum karena melakukan kekejaman terhadap satwa.

Kampol mengatakan, jika terbukti bersalah, Nate dapat menghadapi hukuman penjara hingga dua tahun atau denda maksimal sebesar 40. 000 (Rp15,6 juta), atau keduanya.

Nutch mengatakan kepada Nation TV, yang dikutip Sabtu (10/6/2017), bahwa dia tidak ingin anak kecil yang melihat video tersebut mengangagpnya sebagai pemandangan yang bisa diterima. Dia membantah klaim Nate Bartling dalam video bahwa kalajengking hewan peliharaannya tidak beracun.

Dia minta semua dokter hewan yang dimintanya memastikan bahwa kalajengking benar-benar memiliki racun.

Di situsnya, dia meminta para pencinta satwa untuk menunjukkan penolakan mereka terhadap tindakan kekejaman terhadap hewan.

Kampanye tanda tangan di Change.org yang untuk menggalang dukungan demi melawan My Mate Nate secara hukum telah menarik lebih dari 52.000 pendukung. Tujuan sang juru kampanye adalah mengumpulkan setidaknya 75.000 pendukung.

Video YouTube yang kontroversial tersebut berjudul "Cat vs kalajengking: Siapa yang akan menang?" tersebut diunggah tiga hari yang lalu dan telah ditonto lebih dari 834.000 kali.

Nate Bartling, mantan misionaris Mormon, memiliki 3,1 juta pelanggan di saluran YouTube-nya dan lebih dari 900.000 pengikut di akun Facebook-nya.

Menurut video YouTube tentang hidupnya, dia adalah orang Amerika yang tinggal di Bangkok dan suka membuat film. Dia telah tinggal di Thailand selama lebih dari tiga tahun. ”Saya tidak pernah kuliah di universitas. Saya baru lulus SMA,” ujarnya.

Dia terkenal dengan "prank videos", tayangan yang mengolok-olok orang lain.

Pria AS itu pada tahun lalu juga dikecam karena video yang dia unggah dianggap sebagai tindakan yang mempermalukan orang. Di video itu, dia menguji keterampilan pemahaman orang Inggris asal Thailand dengan mengajukan pertanyaan memalukan kepada mereka, seperti menanyakan apakah mereka sedang menstruasi atau tidak. Dia kemudian secara terbuka meminta maaf atas tindakannya.

Nutch juga mem-posting sebuah surat terbuka kepada My Mate Nate. ”Sebagai orang yang mencintai kucing, saya tidak dapat mentoleransi atau menerima tindakan kasar Anda yang melibatkan hewan dalam klip ini. Saya ingin Anda bertanggung jawab penuh sebagai pemilik atau wali kucing yang telah Anda gunakan atau gunakan di klip Anda,” katanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5412 seconds (0.1#10.140)