Moskow: Sekutu Barat Bantu Ukraina Serang Markas Besar Armada Laut Hitam Rusia

Kamis, 28 September 2023 - 06:48 WIB
loading...
A A A
Moskow belum memberikan informasi terkini mengenai korban jiwa.

Kremlin tidak mengomentari status Sokolov, namun Kementerian Pertahanan pada hari Selasa merilis sebuah video yang menunjukkan dia berada di antara para perwira senior lainnya yang menghadiri konferensi video dengan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu. Sokolov tidak berbicara dalam klip itu.

Ketika ditanya tentang Sokolov pada hari Rabu, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mencatat bahwa dia ikut serta dalam panggilan telepon dengan Shoigu tetapi menahan diri untuk berkomentar lebih lanjut.

Stasiun televisi pemerintah Rusia pada hari Rabu menunjukkan Sokolov berbicara kepada wartawan di Sevastopol setelah menyerahkan penghargaan kepada tim sepak bola Armada Laut Hitam. Sokolov diminta mengucapkan beberapa patah kata kepada warga usai perkembangan tersebut—sebuah referensi yang jelas terhadap klaim Ukraina bahwa dia terbunuh bersama sejumlah perwira lainnya dalam serangan rudal terhadap markas besar armada tersebut.

"Apa yang terjadi pada kami? Tidak ada yang terjadi pada kami,” jawab Sokolov.

"Hidup terus berlanjut. Armada Laut Hitam dengan percaya diri dan berhasil melaksanakan tugas yang diberikan kepadanya oleh komando. Pasukan permukaan, pasukan kapal selam, penerbangan Angkatan Laut, dan pasukan pesisir berhasil menyelesaikan tugas," paparnya.

Pasukan Operasi Khusus Ukraina mengeluarkan pernyataan pada hari Selasa yang mengatakan sumber-sumbernya mengeklaim bahwa Sokolov termasuk di antara korban tewas, banyak di antaranya belum teridentifikasi. Disebutkan bahwa pihaknya sedang mencoba memverifikasi klaim tersebut setelah video Sokolov masih hidup muncul.

Pernyataan Zakharova mengikuti komentar yang dibuat hari Selasa oleh Dmitry Medvedev, Wakil kepala Dewan Keamanan Rusia, yang mengatakan kedatangan tank Abrams buatan Amerika di Ukraina dan janji AS untuk memasok rudal jarak jauh ATACMS dalam jumlah yang tidak ditentukan akan mendorong NATO lebih dekat dengan konflik langsung dengan Rusia.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1300 seconds (0.1#10.140)