Trump Pecat Bos FBI untuk Lemahkan Investigasi Soal Rusia

Jum'at, 09 Juni 2017 - 01:55 WIB
Trump Pecat Bos FBI untuk Lemahkan Investigasi Soal Rusia
Trump Pecat Bos FBI untuk Lemahkan Investigasi Soal Rusia
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, dituding sengaja memecat Direktur FBI James Comey untuk merongrong penyelidikan FBI soal Rusia. FBI menggelar penyelidikan terkait kolusi antara tim kampanye presiden Trump dengan Rusia.

Tudingan tersebut meluncur dari mulut Comey sendiri dalam dengar pendapat dengan Kongres AS. Ketika ditanya mengapa dia dipecat, Comey mengatakan bahwa dia tidak tahu pasti.

"Sekali lagi, saya menerima kata-kata presiden. Saya tahu saya dipecat karena sesuatu tentang cara saya melakukan penyelidikan di Rusia dengan cara tertentu menekannya, dengan cara tertentu membuat dia kesal, dan dia memutuskan untuk memecatku karena itu," tuturnya seperti dikutip dari Reuters, Jumat (9/6/2017).

Comey sebelumnya mengatakan bahwa ia percaya Trump telah mengarahkannya untuk menghentikan penyelidikan terhadap mantan penasihat keamanan nasional Michael Flynn. Flynn diselidiki sebagai bagian dari penyelidikan terkait campur tangan Rusia dalam pemilu presiden 2016 lalu.

Hal itu dikatakan Comey kepada Komite Intelijen Senat dalam sidang kongres yang paling ditunggu-tunggu tahun ini. Tapi Comey tidak mengatakan apakah dia pikir presiden berusaha menghalangi hukum.

Baca Juga: Selidiki Intervensi Rusia, Eks Bos FBI Mengaku Dapat Tekanan Trump

Comey mengatakan bahwa pemerintah telah berbohong dan mencemarkan nama baiknya dan FBI setelah presiden memecatnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3493 seconds (0.1#10.140)