Selidiki Intervensi Rusia, Eks Bos FBI Mengaku Dapat Tekanan Trump

Kamis, 08 Juni 2017 - 05:01 WIB
Selidiki Intervensi Rusia, Eks Bos FBI Mengaku Dapat Tekanan Trump
Selidiki Intervensi Rusia, Eks Bos FBI Mengaku Dapat Tekanan Trump
A A A
WASHINGTON - Mantan Direktur FBI James Comey menuduh Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, meminta ia membatalkan penyelidikan terhadap mantan penasihat keamanan Michael Flynn. Penyelidikan terhadap Flynn adalah bagian dari dugaan campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden 2016 lalu.

Dalam kesaksian tertulis yang dramatis, Comey mengatakan bahwa Trump mengatakan kepadanya pada sebuah pertemuan di Gedung Putih pada bulan Februari. "Saya harap Anda dapat melihat jalan Anda dengan jelas untuk membiarkan ini berlanjut, membiarkan Flynn pergi," aku Comey seperti dikutip dari Reuters, Kamis (8/6/2017).

Pernyataan Comey, yang dimuat di situs web Komite Intelijen Senat, mengatakan bahwa Trump juga memanggilnya pada tanggal 30 Maret untuk mengatakan bahwa dia tidak ada hubungannya dengan Rusia. Trump juga bertanya apa yang bisa dilakukan untuk mencabut penyelidikan FBI atas Rusia.

Selama pembicaraan telepon itu, Comey mengatakan bahwa dia mengatakan kepada Trump bahwa FBI tidak menyelidiki presiden secara pribadi. "Dia berulang kali mengatakan kepada saya: 'Kita perlu mendapatkan fakta itu,'" kata Comey.

Comey mengatakan bahwa dia pernah memberi tahu Trump tiga kali bahwa dia tidak diselidiki, membenarkan laporan sebelumnya dari presiden.

Comey juga mengatakan bahwa Trump mengatakan kepadanya pada makan malam pada 27 Januari, seminggu setelah presiden menjabat, bahwa: "Saya membutuhkan kesetiaan, saya mengharapkan kesetiaan."

Selama makan malam, presiden menanyakan apakah dia ingin tetap berprofesi sebagai direktur FBI, kata Comey. Mantan kepala FBI itu mengatakan bahwa dia khawatir Trump mencoba menciptakan "semacam hubungan patronase."

Setelah pertemuan 14 Februari mengenai kontraterorisme di Oval Office, Trump menolak semua peserta kecuali Comey, menurut kesaksian tersebut.

Presiden kemudian memulai percakapan tentang Flynn. "Saya harap Anda bisa melihat jalan Anda dengan jelas untuk membiarkan ini berlanjut, membiarkan Flynn pergi, dia orang baik, saya harap Anda bisa membiarkan ini berlanjut," kata Comey mengutip Trump saat memberitahunya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3455 seconds (0.1#10.140)