Kenapa Tentara Ukraina Mengalami Ketergantungan dengan Ganja?

Rabu, 27 September 2023 - 22:02 WIB
loading...
A A A
Tujuh kali menjalani operasi dan 18 bulan kemudian, dengan mengenakan topi hijauan dan kacamata berwarna untuk melindungi matanya yang rusak, dia hampir tidak berbasa-basi saat mengingat rasa sakit yang membakar.

"Kalikan dengan 20 atau 50,” kata Danylo ketika kami bertemu di sebuah taman di lingkungan Podil di Kyiv. "Itu sangat buruk karena mengenai wajahku."

Di salah satu ujungnya, sebuah plakat memperingati tentara Ukraina yang tewas saat berperang untuk tentara Soviet di Afghanistan. Di sisi lain, terdapat sebuah salib untuk mengenang mereka yang tewas di Ukraina sejak tahun 2014, ketika pertempuran pecah di wilayah tenggara Donbas.

Pada awalnya, Danylo mengatakan ganja lebih efektif dibandingkan obat penghilang rasa sakit. Ini membantunya untuk tidur, makan, dan mengurangi rasa gugup.

"Rasanya seperti bisa mematikan pikiran. Ketika saya memikirkan tentang cedera saya, saya berpikir 'ya, itu menyakitkan', namun perhatian saya mulai menjadi lebih fleksibel."

Para dokter, katanya, umumnya menutup mata.

Di seluruh dunia, penelitian telah lama menunjukkan bahwa ganja mungkin berguna dalam pengobatan nyeri dan PTSD. Namun di Ukraina, hukum menghalanginya. Produksi ganja, termasuk untuk penelitian medis, dilarang.

Profesor Viktor Dosenko dari National Academy of Science merasa frustrasi.

“Kita harus melakukan penelitian klinis, untuk mendapatkan bukti yang lebih meyakinkan bahwa hal ini berhasil,” katanya, “karena kita benar-benar merupakan episentrum global PTSD.”

“Sayangnya, penelitian ini tidak pernah dilakukan di Ukraina karena kami mempunyai undang-undang yang melarangnya.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1303 seconds (0.1#10.140)