Kecam Diundangnya Eks Nazi ke Pidato Zelensky, Trudeau: Memalukan!

Selasa, 26 September 2023 - 20:35 WIB
loading...
Kecam Diundangnya Eks Nazi ke Pidato Zelensky, Trudeau: Memalukan!
Yaroslav Hunka (kanan) menunggu kedatangan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto/BBC
A A A
OTTAWA - Ketua Parlemen Kanada , Anthony Rota, menuai hujatan dari sejumlah pihak karena telah mengundang mantan Nazi , Yaroslav Hunka, ke pidato Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky termasuk dari Perdana Menteri Justin Trudeau. Ia pun didesak untuk mengundurkan diri dari jabatannya.

Perdana Menteri Justin Trudeau menyebut insiden itu sangat mengecewakan.

“Ketua Parlemen telah mengakui kesalahannya dan meminta maaf,” kata Trudeau kepada wartawan.

"Ini adalah sesuatu yang sangat memalukan bagi Parlemen Kanada dan juga seluruh warga Kanada," imbuhnya seperti dikutip dari Insider, Selasa (26/9/2023).

Kantor Trudeau dan Partai Liberal bersama tidak secara langsung menyerukan agar Rota mengundurkan diri, meskipun tekanan politik dari berbagai pihak agar Rota mengundurkan diri semakin meningkat. Menurut BBC, kantor Trudeau juga membantah bahwa dia dan Rota pernah bertemu sebelum Rota mengambil keputusan mengundang Hunka.

Dalam permintaan maafnya, Trudeau sepertinya mengakui bahwa keputusan mengundang Hunka berperan dalam narasi Kremlin.

“Saya pikir akan sangat penting bagi kita semua untuk melawan disinformasi Rusia dan melanjutkan dukungan tegas kita untuk Ukraina,” kata Trudeau, seperti dilansir BBC.

Pemimpin oposisi Pierre Poilievre menyalahkan Trudeau dan pemerintah Liberal karena menciptakan "rasa malu dan malu diplomatik yang besar" karena tidak memeriksa Hunka dengan benar.

“Perdana Menteri bertanggung jawab,” kata pemimpin Konservatif itu. "Apakah dia akan bertanggung jawab atas rasa malunya yang terakhir ini?" tanyanya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)