Kecam Diundangnya Eks Nazi ke Pidato Zelensky, Trudeau: Memalukan!

Selasa, 26 September 2023 - 20:35 WIB
loading...
A A A
“Saya sangat menyesal telah menyinggung banyak orang dengan sikap dan ucapan saya,” katanya.

"Tidak seorang pun - bahkan tidak seorang pun di antara Anda, sesama anggota parlemen, atau dari delegasi Ukraina - yang mengetahui rahasia niat atau ucapan saya sebelum penyampaiannya," imbuhnya

Namun tetap saja, menurut Politico, Rota menolak mengundurkan diri di tengah reaksi keras tersebut.

Tepat setelah Zelenskyy menyampaikan pidato di House of Commons, anggota parlemen Kanada memberikan tepuk tangan meriah kepada Hunka yang berusia 98 tahun ketika Rota menarik perhatian kepadanya. Rota memperkenalkan Hunka sebagai pahlawan perang yang berjuang untuk Divisi 1 Ukraina.

Divisi Ukraina ke-1 juga dikenal sebagai Divisi Waffen-SS Galicia, atau Divisi Waffen SS ke-14, sebuah unit sukarela yang berada di bawah komando Nazi.

Pusat Studi Holocaust Friends of Simon Wiesenthal mengeluarkan pernyataan pada hari Minggu yang mengatakan divisi tersebut bertanggung jawab atas pembunuhan massal warga sipil tak berdosa dengan tingkat kebrutalan dan kebencian yang tidak terbayangkan.

Kritik juga tumbuh di luar Kanada, menurut BBC, dengan duta besar Polandia untuk Kanada menyerukan permintaan maaf dari parlemen karena "mencuci putih" para penjahat tersebut.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kenangan akan Nazi harus dipertahankan. Ia mengatakan Kanada termasuk di antara negara-negara Barat yang telah membesarkan generasi muda yang tidak memahami ancaman fasisme.

“Sikap ceroboh terhadap kenangan ini, tentu saja, keterlaluan,” kata Peskov dalam konferensi telepon hariannya dengan wartawan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1723 seconds (0.1#10.140)