Saudi, Bahrain dan Mesir Putus Hubungan Diplomatik dengan Qatar

Senin, 05 Juni 2017 - 10:33 WIB
Saudi, Bahrain dan Mesir Putus Hubungan Diplomatik dengan Qatar
Saudi, Bahrain dan Mesir Putus Hubungan Diplomatik dengan Qatar
A A A
DOHA - Perseteruan diplomatik antara Qatar dengan Arab Saudi, Bahrain dan Mesir memanas. Saudi dan dua negara itu resmi memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar.

Hubungan diputus setelah ketiga negara tersebut menuduh Qatar mendukun terorisme dan ikut campur urusan internal negara lain.

Bahrain pada Senin (5/6/2017) dini hari mengumumkan pemutusan hubungan diplomatik dengan Qatar. Hubungan udara dan laut juga dikurangi.

Baca Juga: Emir Qatar: Doha Tegang dengan Administrasi Trump

Kantor berita negara Bahrain dalam sebuah pernyataan singkat mengumumkan bahwa warga Qatar memiliki 14 hari untuk meninggalkan Manama, Ibu Kota Bahrain. Doha, lanjut pengumuman itu, telah campur tangan urusan dalam negeri Manama.

Arab Saudi kemudian melakukan hal yang sama, dengan alasan menyangkut “keamanan nasional”.

“Mengutip (alasan) perlindungan keamanan nasional, Riyadh mengumumkan telah memutuskan hubungan dengan Doha dan menutup semua kontak darat, laut dan udara,” bunyi pernyataan pemerintah Saudi yang dilansir Reuters.

Mesir pun bergabung dalam perang diplomatik. Kairo mengumumkan bahwa pihaknya telah memutus hubungan dengan Doha dengan alasan serupa.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3876 seconds (0.1#10.140)