10 Fakta Persaingan Arab Saudi dan UEA Menjadi Superpower di Timur Tengah

Minggu, 24 September 2023 - 18:25 WIB
loading...
10 Fakta Persaingan Arab Saudi dan UEA Menjadi Superpower di Timur Tengah
Arab Saudi berkompetisi untuk menjadi negara superpower melawan Uni Emirat Arab. Foto/Reuters
A A A
RIYADH - Putra mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman (MBS) sedang mengguncang perekonomiannya sebagai upaya untuk meningkatkan persaingan dengan Uni Emirat Arab (UEA).

Sebelum Mohammed bin Salman menjadi pemimpin de facto Arab Saudi, pria berusia 38 tahun ini dulunya adalah seorang pangeran muda yang tidak dikenal dan pengaruhnya di panggung global tidak begitu terlihat.

Ketika ia menarik perhatian di dalam negeri sebagai seorang bangsawan yang ambisius pada pertengahan tahun 2010-an, dan menjadi menteri pertahanan sebelum usia 30 tahun, Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan-lah yang membantu nama pangeran Saudi bergema di Barat.

“MBZ pada dasarnya mengatakan kepada Obama, 'Anda harus memperhatikan pangeran muda ini karena dia akan menjadi raja masa depan Arab Saudi' – padahal pada saat itu, belum ada yang benar-benar mendengar tentang dia,” Kungkap ristian Ulrichsen, pakar Arab Saudi, di Institut Baker Universitas Rice.

Dengan memberikan kredibilitas kepada Putra Mahkota Mohammed dari Washington hingga London, Sheikh Mohamed, yang kini berusia 62 tahun, mulai membina hubungan dekat dengan pemimpin masa depan negara dengan perekonomian terbesar di Timur Tengah.

Berikut adalah 10 fakta yang menunjukkan persaingan antara MBS dengan penguasa UEA.

1. Hubungan MBZ dan UEA Bermasalah

10 Fakta Persaingan Arab Saudi dan UEA Menjadi Superpower di Timur Tengah

Foto/Reuters

Kenaikan atmosfir Putra Mahkota Saudi Mohammed dalam beberapa tahun terakhir telah menciptakan hubungan yang bergejolak antara dia dan Sheikh Mohamed – seorang pria yang dianggap oleh banyak orang sebagai mentornya – karena upaya putra mahkota yang tak henti-hentinya mengejar kejayaan telah mengancam akan menebarkan perselisihan mendalam antara negara-negara tetangga. .

Cara UEA dan Arab Saudi mengatasi ketegangan yang semakin meningkat sangatlah penting: Konsekuensi dari meningkatnya persaingan dapat menimbulkan dampak yang jauh melampaui Teluk Persia.


2. Memiliki Akar Sejarah Konflik

Meskipun putra mahkota dan presiden UEA awalnya merupakan sekutu dekat, persaingan antara kedua negara memiliki akar yang dalam.

Pada tahun 1950-an, pertempuran teritorial selama tiga tahun yang dikenal sebagai perselisihan Buraimi menyebabkan Saudi berupaya merebut oasis kaya minyak di sekitar kota Al Ain untuk menjadi milik mereka, sehingga memicu kehebohan di UEA – yang saat itu merupakan bagian dari apa yang dikenal sebagai Perselisihan Buraimi. Negara Bagian yang Penting.

Pada tahun 70-an, ketika Inggris menyelesaikan penarikan mereka dari Teluk di masa senja kerajaan mereka, penyelesaian yang menetapkan perbatasan antara UEA dan Arab Saudi kemudian membuat warga Emirat merasa tertipu karena ladang minyak besar yang dikenal sebagai Shaybah jatuh ke tangan Saudi. .

Ulrichsen mengatakan Syekh Zayed bin Sultan Al Nahyan, pendiri dan mantan presiden UEA, diyakini telah menghabiskan “sisa hidupnya” dengan perasaan “dia telah ditipu oleh Saudi” untuk menyerahkan wilayah yang kaya sumber daya tersebut.

Pada tahun 2000an, konflik tampaknya meluas ke semua bidang – perselisihan angkatan laut, perselisihan mengenai pipa gas dari Qatar, dan perselisihan mengenai usulan mata uang bersama di Teluk menjadi penentu hubungan antara kedua negara.

Baru pada Arab Spring, negara-negara yang bersaing menemukan titik temu yang signifikan.

“Baik UEA dan Saudi, khususnya Abu Dhabi, merasa bahwa Qatar mendukung kelompok yang berbeda, dan mereka bersekutu melawan Qatar, dan ini membawa mereka pada pemikiran yang sama,” kata Ulrichsen.

3. Bersaing demi Tujuan Geoekonomi

Hanya masalah waktu sebelum percikan api muncul lagi: Kedua negara sedang berjuang untuk menentukan negara mana yang akan menjadi negara adidaya di kawasan ini.

“Kedua negara ini semakin saling memandang dengan cara yang bermusuhan demi tujuan geo-ekonomi dan akan berselisih satu sama lain dalam berbagai masalah,” kata Abishur Prakash, pendiri Geopolitik Bisnis, sebuah perusahaan penasihat. .

Dalam bidang ekonomi, UEA telah memiliki langkah awal yang besar dengan Dubai, yang secara konsisten menjadi tujuan bagi generasi muda Saudi dan negara-negara lain yang mencari pekerjaan yang tidak tersedia di dalam negeri, serta investasi asing langsung dari bisnis global yang mencari pintu gerbang ke negara-negara Timur Tengah. Timur.

4. Diperparah dengan Visi 2030

10 Fakta Persaingan Arab Saudi dan UEA Menjadi Superpower di Timur Tengah

Foto/Reuters

Keuntungan tersebut kini terancam oleh Visi 2030 – rencana transformasi radikal putra mahkota untuk menjamin masa depan perekonomian Arab Saudi dengan mengurangi ketergantungannya pada minyak.

Bersamaan dengan "proyek raksasa" seperti The Line – sebuah bangunan kaca sepanjang 100 mil di puncak Laut Merah yang dibayangkan sebagai kota futuristik bebas mobil bagi 9 juta orang – Vision 2030 juga menargetkan hiburan, keramahtamahan, dan perjalanan sebagai wilayah pertumbuhan negara.

Sektor-sektor ini tentu saja merupakan hal yang penting bagi perekonomian UEA, sehingga fokus Arab Saudi pada sektor-sektor tersebut merupakan ancaman persaingan langsung.

“Anda tidak dapat memiliki pusat bisnis di dua negara tetangga dalam jarak sedekat ini,” kata Abdullah Alaoudh, direktur Saudi di Freedom Initiative, sebuah organisasi hak asasi manusia AS. “Terkadang pengaruh atau kepentingan mereka sebenarnya tidak sejalan.”

5. Saling Pamer Ekspansi Ekonomi

Perkembangan terkini telah membuat persaingan langsung ini menjadi lebih jelas dari sebelumnya. Pada bulan Maret, Arab Saudi meluncurkan Riyadh Air, maskapai penerbangan baru yang berfungsi sebagai alternatif dari Emirates dan Etihad Airways milik UEA.

Pada tahun 2021, Dana Investasi Publik Saudi menyelesaikan pengambilalihan Newcastle United FC senilai USD400 juta, memberinya kepemilikan klub olahraga yang akan bersaing langsung di Liga Utama Inggris melawan Manchester City milik Abu Dhabi.

Arab Saudi juga meningkatkan langkahnya ketika bersiap untuk memperkenalkan peraturan yang mulai berlaku pada tanggal 1 Januari yang melarang perusahaan asing beroperasi di negara tersebut kecuali kantor pusat regional mereka juga ada di sana. Beberapa perusahaan mempunyai basis di UEA.

“Langkah seperti itu secara mendasar mendesain ulang hubungan antara UEA dan Arab Saudi,” kata Prakash. "Anda meminta dunia untuk memihak. Jika Anda ingin berbisnis dengan Arab Saudi atau entitas milik negara Saudi, Anda harus menempatkan kantor pusat regional Anda di Arab Saudi."

6. Perbedaan Ambisi Politik

10 Fakta Persaingan Arab Saudi dan UEA Menjadi Superpower di Timur Tengah

Foto/Reuters

Para ahli mengatakan ambisi politik Putra Mahkota Mohammed bin Salman telah membuat hubungan antara UEA dan Arab Saudi menjadi sangat tegang.

Pembersihan antikorupsi yang mengubah Ritz Carlton di Riyadh menjadi penjara bagi elit Saudi yang menjadi sasaran putra mahkota pada tahun 2017 memicu kekhawatiran karena konsekuensi dari ambisi tak terkendali dari sang pemimpin menimbulkan ketidakpastian yang sangat besar.

Pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul pada tahun 2018 – yang menurut laporan intelijen yang dirilis oleh pemerintahan Biden pada tahun 2021 telah disetujui oleh putra mahkota Saudi – menghadirkan ketidakpastian serupa.

“Saya pikir ada kekhawatiran bahwa MBS tampaknya tidak memiliki batasan atas tindakannya,” kata Ulrichsen dari Baker Institute. "Ini hampir menjadi peringatan bagi sebagian orang di Abu Dhabi, seperti, 'Apa selanjutnya?'"

UEA dan Arab Saudi juga telah berdebat jauh di luar perbatasan mereka. Titik kritisnya adalah Yaman, di mana UEA merupakan bagian dari intervensi yang dipimpin Saudi ke negara yang dilanda perang saudara pada bulan Maret 2015. Keduanya kini berada di pihak yang berlawanan.

Ketika perang telah berubah menjadi krisis kemanusiaan besar-besaran setelah periode serangan udara intensif dan penargetan pemberontak Houthi yang didukung Iran, Arab Saudi memihak pemerintah Yaman, sementara UEA mendukung kelompok separatis di selatan.

“Bagi Arab Saudi, ini adalah permainan yang sangat berbahaya,” kata Alaoudh. “Arab Saudi melihat proyek pemisahan di Yaman sebagai cara untuk membiarkan Houthi menguasai wilayah utara dan karena itu memiliki perbatasan yang lebih mengancam di selatan Arab Saudi.”

7. MBS Mementingkan Kepentingan Nasionalnya

Sejauh mana persaingan antara kedua negara ini sangat bergantung pada tindakan Arab Saudi. Meskipun blokade seperti yang dilakukan Qatar tidak mungkin terjadi, para ahli mengatakan kepada Insider, Arab Saudi mungkin akan berupaya mendorong UEA dengan menjadi lebih unggul secara ekonomi.

Keduanya adalah anggota kartel minyak OPEC+ tetapi memiliki pendirian berbeda mengenai produksi minyak. Arab Saudi berupaya mengurangi produksi karena harga minyak mentah mendekati USD100 per barel; UEA mengatakan pada bulan Juli bahwa mereka tidak akan melakukan pengurangan produksi sukarela lebih lanjut.

8. UEA Masih Memiliki Kekuatan

Prakash menambahkan bahwa sebagian besar dari hal ini bergantung pada kemampuan putra mahkota untuk memenuhi janji-janji utama Visi 2030.

“Apakah Arab Saudi saat ini menjadi ancaman bagi UEA? Tidak, karena proyek yang dikerjakan Arab Saudi belum selesai,” ujarnya. "The Line adalah proyek yang luar biasa, tapi begitu selesai dibangun, apakah orang akan datang? Itu pertanyaan jutaan dolar."

9. Arab Saudi Kerap Mengingikasi Janji

10 Fakta Persaingan Arab Saudi dan UEA Menjadi Superpower di Timur Tengah

Foto/Reuters

Bukti juga menunjukkan bahwa beberapa janji mungkin tidak ditepati. Dalam konferensi pers pada tahun 2016, tahun yang sama ketika proyek Visi 2030 diumumkan, putra mahkota membuat klaim yang berani bahwa Arab Saudi “dapat hidup tanpa minyak” pada tahun 2020.

Tiga tahun telah berlalu, dan perusahaan minyak milik negara Saudi Aramco menghasilkan rekor keuntungan sebesar USD161 miliar pada tahun 2022. “Kita hampir mengakhiri tahun 2023, dan Arab Saudi semakin bergantung pada minyak dibandingkan sebelumnya,” kata Alaoudh.

10. Tak Mulus Sesuai Prediksi

Investasi asing yang dibutuhkan untuk Visi 2030 juga berjalan lambat. Angka yang dipublikasikan pada bulan Juli oleh PBB menunjukkan bahwa investasi asing langsung Arab Saudi turun hampir 60% menjadi USD7,9 miliar pada tahun lalu, namun angka untuk UEA naik 10% menjadi USD23 miliar.

Ulrichsen mengatakan hal ini mencerminkan dampak dari pengepungan Ritz Carlton, yang membuat takut investor luar negeri: "Tingkat investasi asing anjlok setelah itu, sebagian karena investor berpikir, 'Apa yang terjadi jika mitra bisnis kita tiba-tiba ditahan?'"

Meskipun demikian, masih ada kemungkinan Arab Saudi melakukan transformasi generasi. Apa dampaknya bagi UEA, kata Prakash, adalah “lebih banyak kompetisi, lebih banyak bentrokan.”
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1258 seconds (0.1#10.140)