10 Fakta Menarik tentang Azerbaijan, dari Gunung Lumpur hingga Iklim yang Beragam

Minggu, 24 September 2023 - 22:22 WIB
loading...
A A A
Nyala api terwakili di seluruh Azerbaijan, termasuk pada bendera nasional dan di Kuil Api yang terkenal.

5. Sejarah Manusia Di Sini Berawal 2 Juta Tahun

Di Gua Azikh di Azerbaijan Barat, para arkeolog menemukan peralatan dan sisa-sisa manusia yang berasal dari zaman prasejarah. Sebenarnya ada enam ruangan di dalam gua tempat artefak ini ditemukan, dan para arkeolog memperkirakan gua tersebut dihuni sekitar 2 juta tahun yang lalu.

Penemuan paling menarik di sini adalah rahang milik manusia purba (Neanderthal), namun menurut para ahli masih banyak rahasia yang perlu diungkap.

6. Baku Sangat Futuristik

10 Fakta Menarik tentang Azerbaijan, dari Gunung Lumpur hingga Iklim yang Beragam

Foto/Travel Freak

Tahukah Anda kalau Kota Tua Baku merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO? Namun, area di sekitar jalan-jalan kuno tersebut penuh dengan arsitektur modern dan mutakhir.

Mungkin terdengar aneh bagi Anda, tapi itu semua adalah bagian dari pesona Baku. Pemerintah telah menghabiskan banyak waktu untuk membangun Baku. Trio gedung pencakar langit berwarna biru kaca yang dikenal sebagai Menara Api mendominasi cakrawala, sementara bangunan kontemporer lainnya seperti Pusat Kebudayaan Heydar Aliyev menambah keunikannya.

Namun, meskipun merupakan kota minyak yang ditopang oleh industri minyak, Baku terjangkau untuk dijadikan ibu kota. Anda dapat menemukan makanan terjangkau di kota mana pun dengan harga di bawah $10 (mata uang di Azerbaijan adalah manat).

7. Ada sebuah Kota yang Dibangun di Atas Panggung

Azerbaijan memiliki banyak kekayaan minyak berkat cadangannya, dan negara tersebut merupakan produsen minyak mentah utama. Meskipun negaranya kecil, Azerbaijan adalah pemain besar di dunia dalam hal produksi minyak mentah.

Neft DaĹźlar dulunya adalah anjungan minyak dengan jalur layang yang dibangun di Laut Kaspia. Meskipun sempat kosong selama beberapa waktu, penduduk setempat datang sekitar tahun 1949 dan membangun seluruh kota di atasnya. Saat ini Anda akan menemukan toko roti, hotel, toko, hostel, dan banyak lagi. Sulit untuk membuat anjungan minyak menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi, namun Azerbaijan berhasil melakukannya. Ini adalah salah satu bidang dan pengalaman paling menarik di negara ini.

8. Azerbaijan adalah salah satu Negara Paling Ramah di Kawasan Kaukasus

Mungkin karena perpaduan budaya Timur dan Barat, atau mungkin karena negara berpenduduk mayoritas Muslim yang telah menghilangkan sikap dingin Uni Soviet, namun kebanyakan orang akan setuju bahwa penduduk setempat adalah yang paling ramah dan bersahabat di wilayah tersebut. Ini adalah bagian yang menjadikan Azerbaijan istimewa.

Fakta menarik lainnya: negara ini juga merupakan negara Muslim paling sekuler di dunia Muslim. Azerbaijan sebenarnya adalah negara Muslim pertama yang mengizinkan teater.

9. Ada Museum Berbentuk Karpet

Museum Karpet Azerbaijan berada tepat di tepi pantai Baku dan bentuknya seperti permadani yang digulung. Meskipun eksteriornya sangat mengesankan, di dalamnya Anda juga akan menemukan karpet warna-warni menakjubkan yang terbuat dari benang terbaik dari seluruh negeri.

Jika ada demonstrasi menenun karpet, pastikan Anda menontonnya. Tingkat keterampilan para penenun harus dilihat agar dapat dipercaya.

Salah satu fakta favorit saya adalah Baku juga merupakan rumah bagi satu-satunya museum di dunia yang didedikasikan untuk buku miniatur. Ini benar-benar seperti yang Anda pikirkan: perpustakaan yang dikhususkan untuk buku-buku kecil.

Ada ribuan buku di sini, termasuk versi miniatur buku karya penulis seperti Pushkin, Gogin, dan lainnya. Yang tertua adalah salinan Alquran yang berasal dari abad ke-17. Bahkan ada satu buku yang hanya bisa dibaca dengan menggunakan kaca pembesar.

10. Azerbaijan Memiliki Banyak Zona Iklim yang Berbeda

10 Fakta Menarik tentang Azerbaijan, dari Gunung Lumpur hingga Iklim yang Beragam

Foto/Travel Freak
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)