Lancarkan Serangan Balik, Deretan Senjata Rusia Ini Paling Ditakuti Tentara Ukraina

Minggu, 24 September 2023 - 08:57 WIB
loading...
A A A
Untuk mengimbangi keunggulan jumlah pasukan dan peralatan yang dimiliki Rusia, Ukraina telah unggul dalam mengadaptasi peralatan yang murah dan tersedia untuk keperluan militer. Di antara peralatan tersebut adalah drone siap pakai yang digunakan Ukraina untuk mengawasi posisi musuh.

"Namun kemampuan Rusia untuk melumpuhkan drone dengan mengacak sinyalnya telah meningkat secara signifikan selama konflik," kata Gentile.

Ini berarti bahwa kapasitas Ukraina untuk mengumpulkan intelijen medan perang secara real-time mengenai posisi Rusia menjadi lebih terbatas.

Tepat di belakang garis depan, tim operasi peperangan elektronik dikerahkan untuk mendeteksi dan mencegat drone dan rudal.

Mereka bekerja di unit kecil yang sulit dikenali dengan perangkat khusus yang dapat mengganggu sinyal GPS yang memandu drone dan bahkan rudal AS yang dipandu dengan presisi dan mahal.

Ketika sinyalnya macet, drone akan melenceng dari sasaran atau menyimpang dan jatuh secara sembarangan.

“Mereka kehilangan banyak drone karena Rusia sangat efektif dalam peperangan elektronik, taktik melawan drone,” kata Matt Dimmick, mantan anggota Dewan Keamanan Nasional AS yang bekerja dengan LSM Spirit of America untuk mengamankan pasokan medan perang yang penting untuk Ukraina.

“Setiap unit tanpa drone – mereka benar-benar buta. Mereka tidak dapat melihat apa yang ada di balik bukit berikutnya, apa yang ada di balik pepohonan. Anda tahu, mereka tidak dapat menemukan target bernilai tinggi Rusia seperti posisi senapan mesin dan artileri, yang berarti mereka tidak dapat menargetkannya,” kata Dimmick.

Permainan kucing dan tikus yang mematikan telah berkembang, dan Ukraina berusaha mengidentifikasi dan menghancurkan unit-unit tersebut serta menciptakan jendela yang dapat dieksploitasi, lapor BBC.

3. Helikopter Tempur Kamov Ka-52

Lancarkan Serangan Balik, Deretan Senjata Rusia Ini Paling Ditakuti Tentara Ukraina

Helikopter tempur Kamov Ka-52. Foto: Hotcars

Helikopter serang Ka-52 Rusia telah menyebabkan masalah besar bagi Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1327 seconds (0.1#10.140)