Lancarkan Serangan Balik, Deretan Senjata Rusia Ini Paling Ditakuti Tentara Ukraina

Minggu, 24 September 2023 - 08:57 WIB
loading...
Lancarkan Serangan Balik, Deretan Senjata Rusia Ini Paling Ditakuti Tentara Ukraina
Sejumlah senjata Rusia ternyata menjadi momok menakutkan bagi tentara Ukraina yang tengah melancarkan serangan balik. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Ukraina tampaknya telah membuat terobosan penting dalam serangan balasannya terhadap Rusia. Laporan menunjukkan bahwa mereka telah menerobos garis pertahanan Rusia dengan kendaraan untuk pertama kalinya.

Namun masih belum jelas apakah Ukraina akan mampu memanfaatkan terobosan ini, dan pertempuran masih berjalan seimbang.

Hal ini terjadi setelah berminggu-minggu pertempuran yang melelahkan, dimana pasukan Ukraina bertempur melewati bermil-mil ladang ranjau, mendapat tembakan artileri yang intens, dan kemudian berusaha membersihkan parit Rusia dalam pertempuran jarak dekat.

Gian Gentile, mantan kolonel Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) dan analis di lembaga think tank Rand, mengidentifikasi beberapa senjata utama yang terbukti penting bagi Rusia dalam upaya melawan serangan Ukraina.

Namun dia mengatakan terobosan menentukan Ukraina dapat sepenuhnya mengubah dinamika konflik.

Deretan Senjata Rusia yang Paling Ditakuti Tentara Ukraina


Berikut adalah deretan senjata Rusia yang paling ditakuti oleh tentara Rusia menurut Gentile seperti dilansir dari Insider, Minggu (24/9/2023).

1. Sistem Artileri Ultra-presisi

Lancarkan Serangan Balik, Deretan Senjata Rusia Ini Paling Ditakuti Tentara Ukraina

Sistem artileri Rusia. Foto/National Interest

Penggunaan artileri massal oleh Rusia selama berabad-abad telah menjadi inti kekuatan militernya, dan senjata jarak jauh dalam konflik seperti Perang Dunia II menghasilkan serangan yang dahsyat dan tiada henti.

Namun perang di Ukraina telah memperlihatkan keterbatasan dalam strategi ini, karena kedua belah pihak menghabiskan amunisi dengan sangat cepat, dan pabrik-pabrik persenjataan kesulitan memenuhi permintaan peluru.

Namun Rusia, kata Gentile, telah beradaptasi, dengan meningkatkan akurasi artileri melalui penggunaan teknologi GPS, drone pengintai, dan rudal berpemandu presisi, sehingga tidak terlalu bergantung pada jumlah tembakan.

Penembak artileri Rusia telah memainkan peran penting dalam menghancurkan atau menembaki unit Ukraina yang berusaha menembus pertahanan Rusia.

“Mereka menyadari bahwa mereka tidak bisa melakukan hal itu. Dan mereka harus berusaha lebih tepat,” kata Gentile mengenai taktik pemboman massal Rusia sebelumnya.

2. Unit Peperangan Elektronik

Lancarkan Serangan Balik, Deretan Senjata Rusia Ini Paling Ditakuti Tentara Ukraina

Unit peperangan elektronik Rusia. Foto/The Telegraph
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0895 seconds (0.1#10.140)