Menlu Rusia: Tatanan Dunia Baru Vs Kerajaan Kebohongan

Minggu, 24 September 2023 - 04:50 WIB
loading...
A A A
“Sangat memalukan bagi negara besar untuk bertindak seperti ini dan mengancam semua orang dan hanya menunjukkan obsesinya terhadap dominasi,” katanya kepada wartawan setelah sidang Majelis Umum PBB.

6. Sikap Rusia terhadap konflik di Ukraina

Moskow siap untuk melakukan pembicaraan mengenai konflik yang sedang berlangsung dengan Kiev kapan saja, kata Lavrov pada konferensi pers di sela-sela sidang PBB. Namun, Rusia tidak akan mempertimbangkan kesepakatan apa pun yang melibatkan gencatan senjata, katanya, seraya menambahkan bahwa Moskow dan Kiev diperkirakan hampir mencapai kesepakatan pada bulan-bulan pertama konflik setelah serangkaian pembicaraan di Belarus dan Türkiye, namun proses ini diganggu. diduga dilakukan oleh pendukung Barat Ukraina.

“Putin mengatakannya dengan sangat jelas: ya, kami siap untuk melakukan pembicaraan tetapi kami tidak akan mempertimbangkan proposal gencatan senjata apa pun karena kami pernah melakukannya dan kami tertipu.”

7. Rusia juga merespons

Lavrov menyatakan kedaulatan Ukraina sesuai dengan deklarasi kemerdekaan Ukraina dan konstitusinya, seraya menambahkan bahwa kedua dokumen tersebut juga menyatakan status non-blok Ukraina dan penghormatan terhadap bahasa Rusia dan minoritas berbahasa Rusia.

Kedaulatan Ukraina “dihancurkan oleh mereka yang melancarkan dan mendukung kudeta, yang para pemimpinnya kemudian menyatakan perang terhadap rakyatnya sendiri,” kata Lavrov, merujuk pada kudeta Maidan tahun 2014.

8. Barat secara 'de-facto' mengobarkan perang terhadap Rusia

AS dan sekutunya secara de facto terlibat konflik dengan Rusia, kata Lavrov pada konferensi pers. “Kami menyebutnya perang hibrida namun hal itu tidak mengubah keadaan,” katanya. Negara-negara Barat mengirimkan senjata ke Kiev dan melatih pasukannya, jelasnya, sehingga “Mereka secara de facto berperang melawan kami dengan tangan dan tubuh orang Ukraina.”

Negara-negara Barat juga secara terbuka mengatakan bahwa “Rusia harus dikalahkan di medan perang,” kata diplomat utama Moskow, seraya menambahkan bahwa Moskow siap untuk perkembangan seperti itu. “Dalam keadaan seperti itu, [jika mereka ingin] berada di medan perang, biarlah di medan perang,” katanya.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)