Menlu Rusia: Tatanan Dunia Baru Vs Kerajaan Kebohongan

Minggu, 24 September 2023 - 04:50 WIB
loading...
Menlu Rusia: Tatanan Dunia Baru Vs Kerajaan Kebohongan
Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrob menyatakan Moskow ingin membangun tatanan dunia baru. Foto/Sputnik
A A A
NEW YORK - Dunia mempunyai peluang untuk mencapai “demokratisasi sejati” dalam hubungan internasional dengan membangun tatanan dunia multipolar. Itu menjadi peluang pertama sejak berakhirnya Perang Dunia II. Itu diungkapkan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov di Majelis Umum PBB (UNGA),

AS dan sekutu-sekutu Baratnya berupaya mencegah perkembangan tersebut dengan memicu konflik-konflik baru yang memecah belah umat manusia dan mempertahankan “hegemoni minoritas global” mereka.

Berikut adalah 8 fakta terkait upaya Rusia mewujudkan tatananan dunia baru.

1. Barat adalah 'kerajaan kebohongan'

AS dan sekutunya masih menolak prinsip kesetaraan dalam hubungan internasional, kata Lavrov. Masyarakat Amerika dan Eropa terus memandang rendah negara-negara lain dan hal ini menyebabkan mereka “tidak dapat terselesaikan” dalam negosiasi apa pun. Washington dan sekutu-sekutunya “terus membuat janji-janji” yang akhirnya diingkari.

“Seperti yang dikatakan Presiden Rusia Vladimir Putin, Barat kini menjadi ‘kerajaan kebohongan’ yang sebenarnya,” katanya, dilansir RT.

2. Politisi Barat yang ‘sembrono’ telah melupakan upaya untuk mempertahankan diri

Aktivitas NATO telah mencapai tingkat yang “belum pernah terjadi sebelumnya” sejak berakhirnya Perang Dingin, menurut diplomat terkemuka Rusia. Kekuatan blok yang dipimpin AS telah melakukan latihan yang melibatkan simulasi serangan nuklir terhadap Rusia, klaimnya.

Dia menambahkan bahwa Washington juga secara aktif berupaya memproyeksikan kekuatan militernya di Asia-Pasifik melalui pembentukan “aliansi” politik-militer dengan negara-negara seperti Australia, Korea Selatan atau Jepang dan mendorong mereka menuju kerja sama yang lebih erat dengan NATO.

Tindakan seperti itu “berisiko menciptakan titik panas geopolitik baru yang eksplosif selain… yang terjadi di Eropa,” Lavrov memperingatkan, seraya menambahkan bahwa para politisi Barat telah begitu dibutakan oleh perasaan impunitas sehingga mereka kehilangan “rasa mempertahankan diri.”

3. Demokrasi sejati dalam hubungan internasional sudah bisa dicapai

Untuk pertama kalinya sejak PBB didirikan pada tahun 1945, dunia memiliki peluang untuk membangun tatanan dunia yang benar-benar demokratis, kata Menteri Luar Negeri Rusia. “Mayoritas global” – yaitu negara-negara Asia, Afrika dan Amerika Latin – semakin mengupayakan kemerdekaan dan kesetaraan, serta penghormatan terhadap kedaulatan mereka dalam hubungan internasional.

“Jelas bagi Rusia bahwa tidak ada jalan lain,” kata Lavrov kepada Majelis Umum PBB, seraya menambahkan bahwa fakta ini “mendorong optimisme di antara mereka yang percaya pada supremasi hukum internasional dan ingin melihat PBB kembali berperan sebagai badan koordinasi pusat politik dunia.”


4. Barat menghalangi terciptanya tatanan dunia yang adil

AS dan sekutu-sekutunya berusaha untuk menghentikan timbulnya tatanan dunia multipolar, khususnya dengan “menimbulkan konflik yang secara artifisial membagi umat manusia ke dalam blok-blok yang saling bermusuhan dan mencegahnya mencapai tujuan bersama,” kata menteri Rusia tersebut.

Negara-negara Barat ingin dunia “bermain sesuai dengan aturan-aturannya yang terkenal dan hanya mementingkan diri sendiri,” katanya, seraya menambahkan bahwa komunitas internasional seharusnya berjuang untuk menciptakan dunia di mana semua orang “sepakat mengenai cara menyelesaikan masalah bersama-sama, berdasarkan keseimbangan yang adil. kepentingan.”

5. Sanksi Barat merugikan dunia

Rusia menyerukan pencabutan sanksi “segera dan penuh” terhadap negara-negara seperti Kuba, Venezuela dan Suriah, kata Lavrov, seraya menambahkan bahwa tindakan hukuman sepihak tersebut “secara terang-terangan melanggar prinsip kesetaraan kedaulatan negara-negara” dan mengganggu hak-hak negara-negara tersebut. hak atas pembangunan.

“Kita harus mengakhiri segala tindakan koersif yang diberlakukan untuk menghindari Dewan Keamanan PBB serta praktik Barat yang memanipulasi kebijakan sanksi untuk memberikan tekanan pada tindakan yang dianggap tidak diinginkan,” tambahnya.

Diplomat utama Rusia juga mengecam AS atas apa yang disebutnya sebagai ancaman terhadap negara-negara yang bersedia bekerja sama dengan Moskow.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1851 seconds (0.1#10.140)