Lagi Gencar-gencarnya Lancarkan Serangan Balik, Ukraina Malah Dipasok Tank Rusak

Sabtu, 23 September 2023 - 07:59 WIB
loading...
Lagi Gencar-gencarnya Lancarkan Serangan Balik, Ukraina Malah Dipasok Tank Rusak
Sebuah laporan menyebutkan sekutu Ukraina di Eropa mengirimkan tank Leoprad 1 yang rusak dan tidak bisa digunakan. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Ukraina sangat membutuhkan senjata saat mereka dengan gencar melakukan serangan balik untuk merebut sejumlah wilayah yang diduduki oleh Rusia . Mereka pun dengan semangat menerima bantuan senjata yang oleh negara lain dianggap terlalu tua dan kuno.

Namun, sebuah laporan yang dirilis minggu ini sungguh mengejutkan. Laporan itu menyebutkan bahwa sebagian dari bantuan senjata yang didapat tidak dapat digunakan.

Kementerian Pertahanan Jerman pada bulan Februari mengumumkan kemitraan dengan Denmark dan Belanda untuk mengirimkan sumbangan "setidaknya" 100 tank Leopard 1A5 yang diperbarui ke Ukraina. Jerman sendiri telah memensiunkan tank bertenaga diesel seberat 42 ton itu pada tahun 2000.



Namun dalam pengumumannya, mereka menggambarkan tank Leopard 1A5 sebagai tambahan yang “kuat dan bertenaga” untuk pertahanan Ukraina. Sejak saat itu, tentara Ukraina telah berlatih di pangkalan Jerman tentang cara menggunakannya.

Masalahnya adalah banyak dari tank tempur ini – yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1965 – tidak dapat dikerahkan di medan perang sama sekali.

Pada hari Jumat, TV 2, sebuah lembaga penyiaran publik di Denmark, melaporkan bahwa 12 dari 20 tank Leopard 1A5 yang telah disumbangkan mengalami masalah teknis.



"Dua dari tank tersebut berada di Polandia dengan kerusakan yang serius," lapor outlet tersebut, mengutip pengarahan yang disampaikan oleh Menteri Pertahanan Denmark Troels Lund Poulsen seperti dilansir dari Insider, Sabtu (23/9/2023).

Dan awal pekan ini, outlet Jerman Der Spiegel melaporkan bahwa 10 tank Leopard lainnya mengalami masalah yang cukup besar sehingga Ukraina menolak pengirimannya.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa konsorsium Jerman-Denmark-Belanda tidak mungkin memenuhi tenggat waktu yang ambisius untuk menyediakan lusinan tank era Perang Dingin kepada Ukraina dalam kondisi berfungsi sebelum musim dingin.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1782 seconds (0.1#10.140)