Gawat, Aktivitas di Lokasi Uji Coba Nuklir Rusia, China dan AS Meningkat

Jum'at, 22 September 2023 - 19:39 WIB
loading...
A A A
“Lokasi uji coba Rusia sekarang dibuka sepanjang tahun, kami melihat mereka membersihkan salju dari jalanan, kami melihat mereka membangun fasilitas baru,” ujar Lewis.

Dikatakan oleh Lewis, di dekat fasilitas tersebut terdapat terowongan tempat Rusia pernah melakukan uji coba di masa lalu.



“Dalam lima atau enam tahun terakhir, kita telah melihat Rusia menggali terowongan baru, yang menunjukkan bahwa mereka siap untuk melanjutkan uji coba nuklir,” tambahnya.

“Sangat jelas bagi saya bahwa Rusia bersiap menghadapi kemungkinan uji coba nuklir,” tambah Leighton

Namun dia menyampaikan apa yang menurutnya merupakan “peringatan” penting.

“Rusia mungkin mencoba melakukan semua persiapan untuk uji coba nuklir, namun tidak benar-benar melaksanakannya. Intinya, mereka melakukan ini untuk 'menakut-nakuti' negara-negara Barat,” kata Leighton.

Moskow belum menanggapi permintaan komentar CNN mengenai hal ini, dan tidak ada cara pasti untuk mengetahui apa yang terjadi secara tersembunyi dari pandangan satelit.

Peningkatan aktivitas juga terdeteksi di lokasi uji coba nuklir China di Lop Nur, sebuah danau garam kering di antara dua gurun di wilayah barat China yang jarang penduduknya.

Gawat, Aktivitas di Lokasi Uji Coba Nuklir Rusia, China dan AS Meningkat

Situs uji coba nuklir China Lop Nur. Foto/CNN
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1096 seconds (0.1#10.140)