Volodymyr Zelensky Mendadak Sambangi Kanada, Ada Apa?

Jum'at, 22 September 2023 - 17:16 WIB
loading...
Volodymyr Zelensky Mendadak Sambangi Kanada, Ada Apa?
PM Kanada Justin Trudeau menyambut Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bersama istrinya di landasan bandara Ottawa. Foto/Euronews
A A A
OTTAWA - Presiden Ukraina , Volodymyr Zelensky , melakukan kunjungan mendadak ke Kanada usai menyambangi Amerika Serikat (AS). Kunjungan Zelensky adalah bagian dari kampanyenya untuk meningkatkan dukungan dari sekutu Barat dalam perang Ukraina melawan invasi Rusia.

Zelensky terbang ke Ibu Kota Kanada pada Kamis malam waktu setempat untuk kunjungan mendadak setelah pertemuan dengan Presiden AS Joe Biden dan anggota parlemen di Washington. Dia juga berpidato pada pertemuan tahunan PBB pada hari Rabu lalu.

Selama di Kanada, presiden Ukraina itu akan berbicara di depan Parlemen Kanada pada hari Jumat waktu setempat.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, yang juga berencana berbicara di depan Parlemen pada hari yang sama, memberikan sambutan hangat kepada Zelensky di landasan bandara Ottawa seperti dikutip dari Euronews, Jumat (22/9/2023).



Ini adalah kunjungan Zelensky yang pertama ke Kanada sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022. Ia sebelumnya berpidato di depan Parlemen Kanada secara virtual setelah perang dimulai.

Setelah pidato mereka, Zelensky dan Trudeau dijadwalkan berangkat ke Toronto untuk bertemu dengan komunitas lokal Ukraina. Kanada adalah rumah bagi sekitar 1,4 juta orang keturunan Ukraina, hampir 4% dari populasi.

Duta Besar Kanada untuk PBB, Bob Rae, mengatakan penting bagi Zelensky untuk melihat sejauh mana Kanada mendukung Ukraina dalam perang tersebut.

“Kami telah melakukan banyak hal untuk membantunya dan kami perlu berbuat lebih banyak lagi,” kata Rae.

“Kami akan terus melakukan segala yang kami bisa untuk mendukung rakyat Ukraina,” imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1255 seconds (0.1#10.140)