Jadi Doping Agar Tidak Takut Berperang, Polisi Korea Selatan Tangkap 17 Tentara AS yang Selundupkan Narkoba

Jum'at, 22 September 2023 - 01:14 WIB
loading...
Jadi Doping Agar Tidak Takut Berperang, Polisi Korea Selatan Tangkap 17 Tentara AS yang Selundupkan Narkoba
Tentara AS terlibat perdagangan narkoba di Korea Selatan. Foto/Reuters
A A A
SEOUL - Polisi Korea Selatan sedang menyelidiki 17 tentara AS dan lima orang lainnya yang diduga menyelundupkan atau menggunakan ganja sintetis melalui pos militer.

Hal ini menyusul penggerebekan di setidaknya dua pangkalan militer AS pada bulan Mei, termasuk Camp Humphreys, pangkalan terbesarnya di luar negeri.

Seorang warga Filipina dan seorang warga Korea Selatan telah ditangkap, sementara jaksa meninjau kasus terhadap 22 tersangka.

Informasi dari lembaga penegak hukum Angkatan Darat AS telah memicu penyelidikan selama empat bulan oleh pihak berwenang Korea.

"Ini adalah salah satu kasus terbesar dalam beberapa tahun terakhir yang melibatkan tentara Amerika," ungkap Cha Min-seok, seorang detektif senior di Korea Selatan, dilansir BBC.

Penggerebekan gabungan yang dilakukan oleh polisi Korea Selatan dan Divisi Investigasi Kriminal Angkatan Darat AS menemukan 77 gram ganja sintetis, lebih dari 4 kg "cairan campuran" yang digunakan untuk vaping, dan total uang tunai sebesar USD12.850.

Mereka dituduh menyelundupkan ganja sintetis – yang dikenal dengan nama jalan K2 dan Spice – ke negara tersebut melalui layanan pos militer AS.

Tujuh dari mereka, termasuk lima tentara, diduga terlibat dalam penjualan narkoba, 12 orang adalah pengguna dan tiga orang bertindak sebagai perantara. "Pasangan seorang tentara dan tunangan tentara lainnya juga terlibat," kata polisi kepada BBC.

Ke-17 tentara tersebut saat ini ditempatkan di Kamp Humphreys, sekitar 48km selatan ibu kota Seoul, dan di Camp Casey, sebuah pos militer sekitar 40km utara Seoul.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1081 seconds (0.1#10.140)