Hubungan Memanas, India Hentikan Pemberian Visa Baru bagi Warga Kanada

Kamis, 21 September 2023 - 22:32 WIB
loading...
A A A


Kanada adalah sumber wisatawan asing terbesar keempat dengan 350.000 pengunjung pada tahun 2019, jumlah ini mengalami penurunan setelah pandemi COVID-19.

Ketegangan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini berkobar pada hari Senin setelah Trudeau mengatakan Ottawa sedang menyelidiki "tuduhan yang dapat dipercaya" tentang potensi keterlibatan agen pemerintah India dalam pembunuhan Hardeep Singh Nijjar pada bulan Juni di British Columbia.

Pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi membantah adanya kaitan dengan dugaan pembunuhan tersebut.

Para pejabat Kanada sejauh ini menolak mengatakan mengapa mereka yakin India bisa dikaitkan dengan pembunuhan Nijjar.

Kedua negara, yang hubungannya memburuk dalam beberapa tahun terakhir karena isu separatis Sikh, sejak itu mengumumkan pengusiran diplomat senior dan mengeluarkan peringatan perjalanan yang saling balas.

Bagchi mengatakan India "bersedia untuk melihat informasi spesifik apa pun, kami telah menyampaikan hal ini kepada pihak Kanada, menjelaskannya kepada mereka...tetapi sejauh ini, kami belum menerima informasi spesifik seperti itu".

Kanada telah membahas masalah ini dengan sekutu utamanya seperti aliansi berbagi intelijen Five Eyes, yang mencakup Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Selandia Baru, dan Washington, London, dan Canberra menyatakan keprihatinannya.

Ketika ditanya apakah salah satu negara tersebut, yang juga memiliki hubungan dekat dengan India, telah mengangkat masalah ini dengan New Delhi, Bagchi mengatakan: "Kami telah berdiskusi dengan mereka, kami telah menyampaikan posisi kami tentang bagaimana kami melihat perkembangan ini."

Bagchi juga mengatakan Kanada harus khawatir akan rusaknya reputasinya dan bukan India, ketika ditanya tentang risiko yang ditimbulkan oleh pertikaian tersebut terhadap kedudukan New Delhi di dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)