Duterte: Barat Penuh Omong Kosong

Minggu, 21 Mei 2017 - 22:34 WIB
Duterte: Barat Penuh Omong Kosong
Duterte: Barat Penuh Omong Kosong
A A A
MANILA - Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyebut negara-negara Barat penuh dengan omong kosong. Dia mengatakan ingin bekerjasama lebih banyak dengan China dan Rusia, dibanding dengan negara Barat.
Duterte, yang berbicara saat melakukan wawancara dengan media Rusia menyatakan, negara-negara Barat hanya tertarik untuk melakukan pembicaraan ganda dan mengabaikan kepentingan Filipina. Sedangkan Rusia dan China menurutnya memiliki sikap yang bertolak belakang dengan negara Barat.Dia kemudian mengatakan tidak memiliki hubungan pribadi dengan Amerika Serikat (AS), dan menuturkan negaranya membutuhkan perubahan dalam kebijakan luar negeri untuk memisahkannya dari kepentingan Amerika.
"Saya tidak punya apa-apa melawan Amerika, (Presiden AS Donald) Trump adalah temanku. Tapi kebijakan luar negeri saya telah bergeser. Saya ingin berurusan dengan China dan Rusia. Sebab di dunia Barat, itu omong kosong," katanya.
"Anda memperlakukan saya seolah-olah saya masih menjadi koloni Anda. Kamu pasti bercanda! Kami adalah negara merdeka. Saya ingin negara saya diperlakukan dengan harga diri," sambungnya, seperti dilansir Russia Today pada Minggu (21/5).
Pernyataan Duterte itu sendiri dilontarkan beberapa hari jelang kunjungannya ke Moskow. Duterte dijadwalkan akan tiba di Moskow pada pertengahan pekan depan, dan direncanakan akan melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vlaidmir Putin, dan sejumlah pejabat Rusia lainnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3371 seconds (0.1#10.140)