Iran Pamer Drone dan Rudal IRGC ke Menhan Rusia

Kamis, 21 September 2023 - 03:27 WIB
loading...
A A A
Setibanya di Teheran pada hari Selasa, Shoigu bertemu dengan komandan militer tertinggi Iran, Mohammad Bagheri, yang menjabat sebagai kepala staf angkatan bersenjata Iran.

Bagheri mengatakan bahwa Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei percaya bahwa kerja sama jangka panjang antara Iran dan Rusia adalah demi kepentingan kedua negara, dan itulah sebabnya dokumen kerja sama jangka panjang sedang dirancang.



“Dokumen ini memiliki dimensi militer dan pertahanan yang signifikan dan dapat berfungsi sebagai platform yang sesuai untuk perluasan kerja sama bilateral jangka panjang,” ucapnya.

Selama setahun terakhir, Rusia dan Iran, yang keduanya terkena sanksi internasional, telah menjalin hubungan kuat di berbagai sektor, dengan penekanan khusus pada kolaborasi militer.

Ukraina dan sekutu Baratnya menuduh Iran memasok senjata ke Rusia untuk digunakan dalam perang melawan Kiev. Teheran membantah tuduhan tersebut.

Awal bulan ini, media Iran melaporkan bahwa angkatan udara negara tersebut telah menerima pengiriman pesawat latih YAK-130 Rusia, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelatihan dan tempur angkatan udaranya.

Pada bulan Mei, Amerika Serikat menyuarakan kekhawatirannya bahwa Teheran dan Moskow “memperluas kemitraan pertahanan mereka yang belum pernah terjadi sebelumnya.”

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1578 seconds (0.1#10.140)