Iran Pamer Drone dan Rudal IRGC ke Menhan Rusia

Kamis, 21 September 2023 - 03:27 WIB
loading...
Iran Pamer Drone dan Rudal IRGC ke Menhan Rusia
Iran pamer drone dan rudal IRGC kepada Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu. Foto/Al Arabiya
A A A
TEHERAN - Media pemerintah Iran melaporkan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengunjungi unit kedirgantaraan Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran pada Rabu untuk memeriksa drone, rudal, dan sistem pertahanan udara.

Menurut kantor berita semi-resmi Iran Tasnim, Shoigu disambut dan diajak tur oleh Amirali Hajizadeh, kepala unit kedirgantaraan IRGC seperti dikutip dari Al Arabiya, Kamis (21/9/2023).

Menyikapi ketegangan antara Armenia dan Azerbaijan, Ashtiani berkata: “Mempertahankan perbatasan internasional dan integritas teritorial negara-negara regional adalah salah satu garis merah Republik Islam Iran… kami menganggap usulan format 3+3 sebagai solusi untuk menyelesaikan masalah secara damai di wilayah Kaukasus.”

Format “3+3” mencakup tiga negara Kaukasia – Armenia, Azerbaijan, dan Georgia – dan tiga negara tetangganya – Rusia, Turki, dan Iran.

Hal ini terjadi ketika Azerbaijan melancarkan operasi militer melawan pasukan separatis di wilayah Nagorno-Karabakh pada hari Selasa.



Shoigu, pada bagiannya, mengatakan bahwa hubungan antara Rusia dan Iran telah mencapai tingkat baru meskipun ada tentangan dari Barat.

“Kami bertekad untuk melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan yang kami rencanakan meskipun ada tentangan dari AS dan sekutu Baratnya. Tekanan sanksi terhadap Rusia dan Iran terbukti sia-sia, sementara kerja sama Rusia-Iran mencapai titik tertinggi baru,” lapor kantor berita Rusia TASS mengutip pernyataan Shoigu dalam pertemuannya dengan koleganya dari Iran.

Sebelumnya, Shoigu bertemu dengan koleganya dari Iran, Mohammad Reza Ashtiani.

"Pembicaraan berkisar seputar dokumen kerja sama militer dan pertahanan jangka panjang” antara Iran dan Rusia, serta proposal untuk mengatasi konflik antara Armenia dan Azerbaijan," lapor Tasnim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1806 seconds (0.1#10.140)