Mengapa Kim Jong-un Inginkan Rudal Hipersonik Kinzhal dari Rusia?

Kamis, 21 September 2023 - 01:45 WIB
loading...
A A A
Rudal ini juga dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan hipersonik Mach 7 (8.600kph), mencapai ketinggian 50km. Rudal ini membawa hulu ledak seberat 800kg yang akurat dalam jarak lima meter dan memiliki jangkauan 500 km.

“Iskander akan sangat berguna bagi Korea Utara karena dapat bergerak di jalan raya, berpotensi dapat bergerak dengan kereta api, dan sulit untuk dicegat sehingga memberikan target yang lebih kompleks bagi pertahanan udara Patriot karena dapat melakukan tindakan balasan,” jelas Kaushal.

Mengapa Kim Jong-un Inginkan Rudal Hipersonik Kinzhal dari Rusia?

Foto: Missile Threat - CSIS

Sedangan menurut Cranny-Evans, meskipun bukan senjata Armageddon, rudal Iskander sangat mumpuni.

“Dengan sikap nuklir Korea Utara, hal ini bisa sangat berguna. Iskander itu rumit dan benar-benar mampu, mungkin lebih dari yang diperkirakan orang,” ujarnya.

Kausal juga menyatakan bahwa keuntungan terbesar bagi Korut adalah Rusia meningkatkan kemampuan mereka dalam menggunakan motor roket berbahan bakar padat dan teknologi yang akan membantu mereka meningkatkan rudal balistik jarak jauhnya.

Namun, para ahli militer berpendapat bahwa diperlukan pelatihan yang cukup untuk mewujudkan transfer tersebut, yang juga merupakan pelanggaran berat terhadap sanksi PBB terhadap Korut.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0922 seconds (0.1#10.140)