alexa snippet

Patung Jenderal Soedirman Ada di Gedung Kemhan Jepang, Ini Alasannya

Patung Jenderal Soedirman Ada di Gedung Kemhan Jepang, Ini Alasannya
Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii sampaikan sambutan di hari jadi Pasukan Bela Diri Jepang di Jakarta, Kamis (18/5/2017). Foto/SINDOnews/Victor Maulana
A+ A-
JAKARTA - Patung Jenderal Soedirman muncul di gedung Kementerian Pertahanan (Kemhan) Jepang. Duta Besar Jepang untuk Indonesia  Masafumi Ishii mengungkap jawaban mengapa patung sosok pahlawan Indonesia itu muncul di sana.

Menurut Dubes Masafumi, patung sang jenderal itu menjadi simbol kedekatan hubungan Indonesia dan Jepang.

Berbicara dalam pidato perayaan hari jadi Pasukan Bela Diri Jepang di salah satu hotel di bilangan Jakarta Pusat, diplomat Jepang ini mengatakan, patung tersebut diberikan oleh pemerintah Indonesia beberapa dekade lalu.

Menurutnya, patung Jenderal Soedirman adalah satu-satunya patung orang asing di gedung Kementerian Pertahanan Jepang.

"Ada patung Jenderal Soedirman di kantor Kementerian Pertahanan Jepang. Itu adalah patung tokoh asing pertama yang ada di Kementerian Pertahanan kami," katanya, Kamis (18/5/2017).

Masafumi baru saja memberikan surat kepercayaan kepada Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi), yang menjadi tanda resmi dirinya menjadi Dubes Jepang untuk Indonesia. Dia sempat melakukan pembicaraan singkat dengan Presiden Jokowi saat memberikan surat kepercayaan itu.

Diplomat Jepang ini mendapat sedikit nasihat sekaligus permintaan dari Presiden Jokowi. Menurutnya, Presiden Jokowi memintanya untuk bekerja keras guna meningkatkan hubungan antara Indonesia dan Jepang, serta menambah proyek ekonomi.

Menurutnya, peningkatan hubungan Indonesia dan Jepang menjadi prioritas utamanya. "Saya sangat ingin meningkatkan hubungan bilateral Jepang dengan Indonesia dalam berbagai bidang. Itu tugas pertama saya," ucapnya.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top