Pakar Peringatkan Peristiwa Kepunahan Massal Tanda Runtuhnya Peradaban

Rabu, 20 September 2023 - 15:01 WIB
loading...
A A A
Para peneliti berharap menemukan seluruh genera makhluk hidup mengalami kepunahan tidak terlalu cepat dibandingkan spesies individu, namun mereka terkejut saat mengetahui bahwa tingkat kepunahannya serupa.

“Tingkat kepunahan generik saat ini 35 kali lebih tinggi dari perkiraan tingkat kepunahan dalam jutaan tahun terakhir,” tulis Ceballos dan Ehrlich.

Para penulis melakukan penelitiannya dengan memeriksa catatan spesies punah dari Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN).

Mereka memilih fokus pada vertebrata (spesies dengan tulang punggung) karena ketersediaan data yang lebih banyak, kemudian mengkategorikan setiap spesies ke dalam genus yang sesuai.

Temuan penulis menunjukkan 73 genera punah hanya dalam 500 tahun terakhir, proses yang seharusnya memakan waktu 18.000 tahun jika tidak ada pengaruh manusia.

Sejumlah tindakan manusia diidentifikasi berkontribusi terhadap fenomena ini, termasuk perburuan liar, hilangnya habitat, dan penggunaan pestisida.

Peran perubahan iklim juga dikaji, krisis lain yang menurut para peneliti berkaitan erat.

“Krisis kepunahan sama buruknya dengan krisis perubahan iklim. Hal ini tidak disadari,” ujar Ceballos.

Sejumlah peristiwa mengejutkan baru-baru ini menunjukkan krisis ganda ini selama musim panas di Belahan Bumi Utara, yang digambarkan NASA sebagai “yang terpanas sejak pencatatan global dimulai pada tahun 1880.”

Meningkatnya suhu laut berkontribusi terhadap kematian massal burung, ikan, dan singa laut. Baru-baru ini, hilangnya es di kutub berkontribusi pada runtuhnya seluruh koloni penguin kaisar di Antartika.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1410 seconds (0.1#10.140)