Kim Jong Un Tempuh Perjalanan Pulang Sejauh 254 Km dengan Kereta Api

Minggu, 17 September 2023 - 19:55 WIB
loading...
Kim Jong Un Tempuh Perjalanan Pulang Sejauh 254 Km dengan Kereta Api
Kim Jong Un mengakhiri lawatannya di Rusia. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pulang dengan kereta api pada Minggu (17/9/2023).

Kim mengakhiri kunjungan selama seminggu ke Rusia yang mencakup pembicaraan dengan Presiden Vladimir Putin mengenai kerja sama militer dan lainnya yang lebih erat.

Sebuah video yang diterbitkan oleh kantor berita pemerintah Rusia RIA pada Minggu menunjukkan Kim berjalan di sepanjang karpet merah menuju gerbong keretanya di kota Artyom di Timur Jauh Rusia, dan melambaikan tangan diiringi suara band militer.

Artyom berjarak sekitar 254 km (159 mil) dari stasiun Khasan di perbatasan Rusia dengan Korea Utara.

"Perjalanan pemimpin Korea Utara, yang jarang meninggalkan negaranya, menandai masa kejayaan persahabatan dan solidaritas serta kerja sama yang terbuka dalam sejarah perkembangan hubungan antara DPRK dan Rusia,” demikian laporan kantor berita pemerintah Korea Utara KCNA.

Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya khawatir akan memanasnya hubungan militer antara kedua negara tetangga tersebut ketika Rusia terus melakukan invasi ke Ukraina dan Korea Utara, negara komunis yang tertutup, terus melanjutkan pengembangan rudal dan nuklir.

Korea Selatan dan Amerika Serikat mengatakan kerja sama militer antara Korea Utara dan Rusia akan melanggar sanksi PBB terhadap Pyongyang dan sekutu mereka akan memastikan ada konsekuensi yang harus dibayar.



Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol menyebut kemitraan militer semacam itu “ilegal dan tidak adil”,. Dia mengatakan bahwa komunitas internasional akan “bersatu lebih erat” untuk mengatasi hubungan yang semakin erat antara Moskow dan Pyongyang.

Yoon akan berangkat ke New York pada Senin untuk menghadiri Majelis Umum PBB.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0930 seconds (0.1#10.140)