Delapan Monumen Terindah di Dunia

Senin, 08 Mei 2017 - 16:13 WIB
Delapan Monumen Terindah di Dunia
Delapan Monumen Terindah di Dunia
A A A
MONUMEN merupakan jenis bangunan yang dibuat untuk memperingati seseorang atau peristiwa tertentu yang dianggap penting oleh sebuah negara atau suatu kelompok sosial pada masa lampau. Berikut 8 monumen terindah di dunia :

Nelson Column, London, Inggris
Delapan Monumen Terindah di Dunia

Monumen ini bertempat di Trafalgar Square, London yang digunakan sebagai tempat mengenang pahlawan Inggris Horatio Nelson. Nelson yaitu seorang admiral yang memimpin AL Inggris melawan armada Prancis dan juga Spanyol di Perang Trafalgar pada 1805. Monumen ini berupa patung Nelson di atas sebuah tiang yang didesain oleh William Ralton di 1838.

Kuil Yasukuni, Jepang
Delapan Monumen Terindah di Dunia

Kuil ini mulai dibangun pada 1869 untuk mengenang jasa pengorbanan para tentara bagi negeri matahari terbit ini. Di sini ada banyak sekali nama-nama lebih yang gugur dalam perang. Jika dihitung namanya lebih dari 2,5 juta orang.

Marine Corps War Memorial, Virginia, AS
Delapan Monumen Terindah di Dunia

Monumen ini berlokasi di Arlington National Cemetery, Rosslyn, Virginia. Pose patung ini dibuat berdasarkan foto pasukan Amerika ketika telah berhasil merebut Iwo Jiwa dari tangan Jepang. Monumen ini menggambarkan 6 marinir Amerika Serikat yang sedang berusaha menegakkan sebuah bendera Amerika.

Hiroshima Peace Memorial
Delapan Monumen Terindah di Dunia

Berlokasi di Hiroshima, Jepang, monumen ini dibuat untuk tak lain mengenang jatuhnya bom atom pada 6 Agustus 1945 yang menyebabkan 140.000 masyaralat sipil tewas akibat peristiwa tersebut. Monumen ini sebenarnya merupakan puing-puing gedung berkubah yang hancur karena serangan bom atom Hiroshima. Gedung ini sengaja tidak dirobohkan malah justru digunakan untuk menjadi pembelajaran bagi generasi berikutnya supaya tidak terjadi hal yang sama.

Friedensengel, Munich, Jerman
Delapan Monumen Terindah di Dunia

Friedensengel atau Angel of Peace adalah monumen yang didirikan di Prince Regent Street, Munich untuk memperingati 25 tahun Perjanjian Versailles (tahun 1871) yang mengakhiri perang antara Jerman dan Prancis. Ternyata pada patung ini sebenarnya bukan angel, akan tetapi Athena, Goddess of Peace. Selain itu, patung memiliki pose yang bisa dibilang seksi.

The Shrine Peace Monument, Toronto, Kanada
Delapan Monumen Terindah di Dunia

Monumen ini bertempat di Exhibition Centre yang ada di tepi danau Toronto. Uniknya, patung ini terdapat tepat di perbatasan Amerika-Kanada dan dibuat menghadap ke wilayah Amerika. Patung ini dibangun sejak 1930 untuk memperingati 100 tahun hubungan baik Amerika dengan Kanada. Patung ini menggambarkan seorang wanita dengan memegang dua ranting zaitun di silangkan yang melambangkan arti perdamaian.

Wall of Peace, Paris, Prancis
Delapan Monumen Terindah di Dunia

Satu-satunya monumen yang memiliki gaya modern di deretan ini adalah Wall of Peace yang merupakan produk kreatif Clara Halter dan Michael Wilmotte dimana momen ini telah diresmikan pada tahun 2000. Monumen ini menggambarkan sebuah lembaran kaca yang di atasnya bertuliskan kata “damai” dalam 32 bahasa dan 18 jenis aksara. Agar menarik banyak perhatian, monumen kaca ini sengaja diletakkan di lapangan Champs de Mars, tepat di depan Menara Eiffel.

Vietnam Memorial Walls
Delapan Monumen Terindah di Dunia

Monumen ini buka hanya patung biasa, tapi dinding bertuliskan nama 58.267 korban dalam Perang Vietnam. Yang agak seram, dalam dinding ini terlihat foto prajurit yang transparan, dan itu bukanlah hasil editing atau rekayasa.
(bbk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3040 seconds (0.1#10.140)