Trump Menyukai Komentar Putin Soal Janji Kampanye Akhiri Perang Ukraina

Minggu, 17 September 2023 - 05:15 WIB
loading...
Trump Menyukai Komentar Putin Soal Janji Kampanye Akhiri Perang Ukraina
Presiden AS Donald Trump (saat masih menjabat) dan Presiden Rusia Vladimir Putin tiba untuk konferensi pers bersama. Foto/REUTERS/Grigory Dukor
A A A
WASHINGTON - Donald Trump menyambut baik komentar Presiden Rusia Vladimir Putin yang menyatakan Moskow akan senang jika mantan presiden AS itu menepati janjinya menyelesaikan krisis Ukraina dalam hitungan hari.

Berbicara kepada Kristen Welker dari NBC News dalam wawancara yang diterbitkan pada Jumat (16/9/2023), Trump ditanya tentang pujian baru-baru ini dari pemimpin Rusia tersebut, yang mengatakan pekan lalu, “Mr Trump terus mengatakan bahwa dia akan menyelesaikan semua masalah yang mendesak dalam beberapa hari, termasuk krisis Ukraina… Ya, itu bagus.”

“Saya suka dia mengatakan hal itu karena itu berarti apa yang saya katakan adalah benar,” jawab Trump, mengacu pada pendiriannya terhadap Ukraina.

Trump menambahkan, “Saya akan memasukkannya ke dalam satu ruangan, saya akan memasukkan (Presiden Ukraina Vladimir) Zelensky ke dalam satu ruangan dan saya akan menyelesaikan kesepakatannya.”

Namun, dalam sambutannya pada Selasa, Putin melanjutkan dengan mengatakan Moskow tidak memperkirakan adanya perubahan substansial dalam kebijakan luar negeri AS dalam menghadapi Rusia, terlepas dari siapa yang akan menduduki Gedung Putih setelah pemilu tahun depan.

“(Trump) dituduh memiliki hubungan khusus dengan Rusia, dan itu benar-benar tidak masuk akal… Namun dialah presiden yang paling banyak menjatuhkan sanksi terhadap Rusia,” ungkap Putin.



Mantan presiden AS tersebut kemudian menegaskan kembali janjinya menegosiasikan diakhirinya konflik Ukraina dalam waktu “24 jam” jika dia memenangkan pemilu kembali tahun depan, setelah sebelumnya menyatakan, “Saya sangat mengenal Zelensky, saya sangat mengenal Putin, bahkan lebih baik lagi, dan Saya memiliki hubungan yang sangat baik dengan mereka berdua.”

Dia juga mengkritik miliaran dolar dukungan militer AS untuk Kiev, dan mendesak Zelensky “membuat kesepakatan” dengan presiden Rusia untuk mengakhiri pertempuran.

Ketika ditanya bagaimana dia akan menemukan solusi terhadap konflik tersebut, Trump menolak menjelaskan lebih lanjut, dan hanya mengatakan dia akan “membuat kesepakatan yang adil untuk semua orang.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)