Jet-jet AS Cegat 4 Pesawat Tempur Rusia di Dekat Alaska

Jum'at, 05 Mei 2017 - 00:04 WIB
Jet-jet AS Cegat 4 Pesawat Tempur Rusia di Dekat Alaska
Jet-jet AS Cegat 4 Pesawat Tempur Rusia di Dekat Alaska
A A A
WASHINGTON - Dua pesawat jet tempur siluman F-22 Amerika Serikat (AS) mencegat formasi empat pesawat tempur Rusia di dekat Alaska. Empat pesawat Moskow yang dicegat adalah dua pesawat pembom dan pengawalnya, dua pesawat jet tempur Su-35 Flanker.

Pencegatan terjadi pada hari Kamis (4/5/2017) pagi waktu AS ketika empat pesawat tempur Rusia diduga hendak menerobos Zona Pertahanan Udara Alaska. Seorang pejabat AS yang berbicara dalam kondisi anonim kepada Fox News mengatakan, manuver empat pesawat tempur Rusia masih berada di wilayah udara internasional.

Sepasang pesawat jet tempur F-22 AS melakukan intersepsi saat patroli udara di area sekitar 50 mil sebelah barat daya Chariot, Alaska.

Komando Pertahanan Ruang Angkasa Amerika Utara (NORAD) melalui seorang juru bicara yang dilansir semalam, juga mengonfirmasi pencegatan empat pesawat Rusia itu. Empat pesawat Moskow itu akhirnya menjauh dari wilayah udara Alaska.

Ini baru pertama kalinya Angkatan Udara AS menyaksikan sepasang jet tempur Su-35 Rusia mengawal sepasang pesawat pembom era Perang Dingin di dekat Alaska. Meski demikian, para pejabat AS mengatakan jet-jet tempur Rusia tidak bersenjata dan belum melanggar wilayah udara Alaska.

Pemerintah maupun militer Rusia belum berkomentar atas pencegatan empat pesawat tempurnya di dekat Alaska.

Aksi pencegatan empat pesawat Rusia ini terjadi sehari setelah Presiden AS Donald Trump berbicara melalui telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Gedung Putih mengatakan bahwa percakapan tersebut berfokus pada krisis di Timur Tengah dan Korea Utara, tanpa membahas manuver-manuver pesawat militer Moskow di dekat wilayah AS.

Pembicaraan kedua pemimpin ini, menurut Gedung Putih, merupakan hal yang sangat bagus.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3921 seconds (0.1#10.140)