Mendiang Bos Wagner Masuk, Zelensky Terdepak dari Daftar Orang Yahudi Paling Berpengaruh

Sabtu, 16 September 2023 - 05:30 WIB
loading...
Mendiang Bos Wagner Masuk, Zelensky Terdepak dari Daftar Orang Yahudi Paling Berpengaruh
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tidak termasuk dalam daftar 50 “Yahudi paling berpengaruh” tahun ini, yang disusun setiap tahun oleh surat kabar terkemuka Israel, Jerusalem Post.

Zelensky menduduki puncak daftar itu pada tahun 2022 di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Rusia dan Ukraina.

Tahun ini, posisi teratas dalam daftar surat kabar tersebut diraih oleh Sam Altman, CEO perusahaan IT OpenAI yang berbasis di Amerika Serikat (AS) yang menciptakan chatbot ChatGPT.

Pengusaha tersebut diikuti Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, yang menempati posisi kedua dan ketiga di antara “orang Yahudi paling berpengaruh” pada tahun 2023.

The Jerusalem Post juga memberikan penghargaan terhormat kepada mendiang pengusaha Rusia dan pendiri perusahaan militer swasta Rusia, Wagner Group, Evgeny Prigozhin, meskipun peringkatnya berada di luar peringkat 50 besar, yakni di peringkat ke-52.

“Pengusaha tersebut, yang memiliki ayah tiri Yahudi mengubah kedai hot dog menjadi kerajaan restoran kelas atas,” ungkap surat kabar itu.



Surat kabar itu menambahkan warisannya telah “diperkuat” oleh perannya sebagai pimpinan Wagner Group.

Nama Zelensky kini tidak terlihat lagi dalam daftar. The Post tidak memberikan penjelasan apa pun atas keputusannya tidak memasukkan pemimpin Ukraina itu ke dalam daftar tahun ini.

Pada September 2022, surat kabar tersebut menempatkan Zelensky di urutan pertama dalam daftar tersebut sebelum memindahkannya ke posisi kedua, di belakang perdana menteri Israel saat itu, Yair Lapid.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0981 seconds (0.1#10.140)