Mengapa Norwegia Menjadi Negara Pertama di Dunia yang Menambang Dasar Laut?

Jum'at, 15 September 2023 - 12:44 WIB
loading...
A A A
Sebuah studi dampak yang dilakukan oleh pemerintah mengatakan bahwa dampaknya akan bersifat lokal, terbatas pada wilayah sebenarnya yang diekstraksi. Dikatakan juga bahwa dampaknya terhadap perikanan akan minimal.

Perusahaan mengatakan mereka berencana mengekstraksi mineral dari lubang hidrotermal yang tidak aktif, dimana keanekaragaman hayatinya kurang melimpah, namun beberapa ilmuwan mengatakan mereka khawatir praktik tersebut dapat menghancurkan spesies tersebut bahkan sebelum mereka ditemukan.

Usulan pemerintah tersebut telah dikritik oleh beberapa kelompok lingkungan hidup, seperti World Wildlife Fund, dan juga oleh badan lingkungan hidup mereka sendiri, yang mengatakan kesenjangan pengetahuan tentang biologi laut dalam terlalu besar untuk memutuskan pembukaannya.


6. Ditentang Negara Lain

Denmark mengatakan studi lingkungan hidup yang dilakukan Norwegia untuk pembukaan kawasan tersebut tidak cukup baik. Sementara Islandia mempertanyakan hak eksklusif Norwegia untuk mengeksplorasi mineral dasar laut di dekat kepulauan Arktik Svalbard.

Norwegia bukan bagian dari UE tetapi merupakan anggota pasar tunggal Eropa. Pandangan UE mengenai masalah ini sangat penting bagi rencana Oslo, kata beberapa analis.

Norwegia terdorong oleh ambisi UE untuk mendiversifikasi impor mineral penting dan meningkatkan produksi lokal.

Namun, Parlemen Eropa juga meminta negara-negara anggotanya untuk mendukung moratorium global terhadap penambangan dasar laut. Komisi Eropa juga telah menganjurkan moratorium penambangan laut dalam sampai risikonya diketahui lebih lanjut.

7. Menggunakan Robot Bawah Laut

Mengapa Norwegia Menjadi Negara Pertama di Dunia yang Menambang Dasar Laut?

Foto/Reuters

Tidak ada teknologi yang tersedia secara komersial untuk memproduksi mineral dasar laut, meskipun beberapa mesin telah dibuat untuk menguji produksi di tempat lain di dunia.

Para peneliti di Norwegia menggunakan robot bawah laut dan mesin bor untuk mengumpulkan sampel mineral di dasar laut.

Ekstraksi mineral dari dasar laut di Norwegia kemungkinan besar melibatkan pemotongan dan penghancuran batuan sebelum dibawa ke permukaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2332 seconds (0.1#10.140)