Wali Kota Derna: Korban Tewas Akibat Banjir Bisa Capai 20.000

Kamis, 14 September 2023 - 14:24 WIB
loading...
Wali Kota Derna: Korban Tewas Akibat Banjir Bisa Capai 20.000
Kondisi kota Derna yang luluh lantak diterjang banjir bandang. Foto/Sky News
A A A
DERNA - Wali Kota Derna di Libya , Abdulmenam al-Ghaithi mengatakan, jumlah korban tewas akibat bencana banjir yang menerjang kota itu bisa berkisar antara 18.000 hingga 20.000. Hal itu didasarkan pada jumlah distrik di kota itu yang tersapu bersih oleh banjir.

Hal itu diungkapkannya saat berbicara kepada stasiun televisi al-Arabiya seperti dikutip dari Sky News, Kamis (14/9/2023).

Para pejabat Libya telah meminta bantuan internasional pada Senin lalu, memperingatkan bahwa negara tersebt tidak mempunyai pengalaman yang diperlukan untuk menghadapi bencana sebesar ini.

Setidaknya 30.000 orang telah mengungsi di Derna, dan para pejabat kesehatan pada hari Rabu mengatakan bahwa jumlah kematian di kota itu telah meningkat menjadi lebih dari 5.100 – sementara seorang menteri mengatakan 5.300 mayat di bagian timur negara itu telah ditemukan.

Tim pencari telah menyisir jalan-jalan, menghancurkan bangunan dan bahkan laut untuk mencari mayat di kota pesisir Libya di mana dua bendungan runtuh dan menyebabkan banjir bandang besar.

Badai Daniel menyebabkan kerusakan signifikan pada jalan-jalan dan jaringan telekomunikasi pada hari Minggu – disertai angin kencang dan hujan deras yang tiba-tiba menghancurkan kota pelabuhan Derna – sekitar 900 km sebelah timur ibu kota, Tripoli.



“Laut terus-menerus membuang puluhan mayat”, kata Hichem Abu Chkiouat, menteri penerbangan sipil di pemerintahan yang memerintah Libya timur, seraya menambahkan bahwa rekonstruksi akan menelan biaya miliaran dolar.

“Kami menghitung lebih dari 5.300 orang tewas sejauh ini, dan kemungkinan besar jumlahnya akan meningkat secara signifikan bahkan mungkin dua kali lipat karena jumlah orang hilang juga ribuan,” imbuhnya.

Rekaman video seorang pria, yang digambarkan oleh badan amal Masyarakat Bulan Sabit Merah Libya sebagai seorang ayah yang berduka, menunjukkan kesedihannya ketika jenazah putranya diangkat dari gedung yang runtuh dan bersiap untuk diangkut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)