Harga Sistem Rudal THAAD AS Rp13,3 T, Korsel Mustahil Membayar

Jum'at, 28 April 2017 - 14:44 WIB
Harga Sistem Rudal THAAD AS Rp13,3 T, Korsel Mustahil Membayar
Harga Sistem Rudal THAAD AS Rp13,3 T, Korsel Mustahil Membayar
A A A
SEOUL - Presiden Donald Trump ingin Seoul membayar sistem rudal Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) yang dipasang di wilayah Korea Selatan (Korsel) seharga USD1 miliar atau sekitar Rp13,3 triliun. Namun, seorang penasihat calon presiden Korsel Moon Jae-in mengatakan bahwa negaranya mustahil untuk membayarnya.

Dalam sebuah wawancara dengan Reuters, Presiden Trump ingin agar pemerintah Korsel membayar biaya perlindungan kepada AS.

”Bahkan jika kita membeli THAAD, operasi utamanya akan berada di tangan AS,” kata penasihat kebijakan luar negeri Moon, Kim Ki-jung.

”Jadi membeli itu akan menjadi pilihan yang tidak mungkin. Itu topik kami saat kami mempertimbangkan pilihan,” lanjut Kim yang juga profesor di Universitas Yonsei di Seoul, yang dilansir Jumat (28/4/2017).

Moon merupakan capres unggulan Korsel, di mana dia saat ini unggul dalam jajak pendapat menjelang pemilihan presiden pada 9 Mei mendatang. Pemilu itu untuk mencari presiden pengganti Park Geun-hye yang dimakzulkan atas skandal korupsi.

Di era Presiden Park, Korsel sepakat dengan Washington untuk penyebaran sistem rudal THAAD. Juru bicara Moon, Lee Ji-soo, mengatakan bahwa capres Moon tidak berkomentar atas permintaan bayaran yang dilontarkan Presiden AS.

Komandan Komando Pasifik AS Laksamana Harry Harris mengatakan bahwa sistem rudal canggih Washington itu akan beroperasi dalam beberapa hari ini. Namun, sistem pemasangan sistem rudal THAAD itu telah ditentang China dan Rusia dengan alasan menjadi ancaman bagi keamanan wilayah mereka.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4426 seconds (0.1#10.140)