China Klaim Jet Tempur Rafale Kalah Hebat dengan J-20

Sabtu, 01 Agustus 2020 - 22:01 WIB
loading...
China Klaim Jet Tempur Rafale Kalah Hebat dengan J-20
Pesawat Rafale buatan Prancis. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - China menyatakan jet tempur Rafale bukan tandingan bagi jet tempur siluman J-20. Komentar Beijing itu muncul setelah lima pesawat buatan Prancis itu mendarat di Ambala, India .

“India baru-baru ini menerima pengiriman lima jet tempur Rafale, dengan mantan marsekal Angkatan Udara India menyebut kemampuan pesawat buatan Prancis itu melebihi jet tempur siluman J-20 buatan China,” ungkap para pakar yang dikutip Global Times, corong Partai Komunis China.

“Rafale hanya jet tempur generasi tiga plus, dan tidak sebanding jika melawan jet tempur generasi keempat sekaligus siluman seperti J-20,” papar para pakar China dalam artikel di Global Times itu.

Para pakar juga menyatakan Rafale memang lebih unggul dalam beberapa aspek dibandingkan dengan Su-30 MKI buatan Rusia.

Menurut artikel itu, akuisisi oleh India tidak memberikan peluang kualitatif yang besar. (Lihat Infografis: Persaingan Misil Hipersonik Kian Intensif di Antara Kekuatan Dunia)

“Dalam beberapa wilayah kinerja tempur, Rafale lebih unggul dibandingkan jet tempur Su-30 MKI, yang ada di Angkatan Udara India dalam jumlah besar, tapi ini hanya seperempat generasi lebih canggih dan tidak memberikan peluang kualitatif besar,” papar artikel itu.

Komodor Angkatan Udara India Prashant Dixit menyangkal klaim China itu. “Bentuk J-20 menunjukkan bahwa itu lebih seperti pesawat biasa lainnya. Itu platform yang tak terbukti juga. Rafale platform yang terbukti dan dengan sejumlah persenjataan dan rudal yang dibawanya itu akan menjadi pesawat yang menggetarkan musuh manapun,” papar dia, dilansir New India Express. (Lihat Video: Penampakan Tawaf Ibadah Haji dalam Masa Pandemi di Masjidil Haram)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1457 seconds (0.1#10.140)