Pengacara Filipina Laporkan Duterte ke Mahkamah Internasional

Senin, 24 April 2017 - 22:54 WIB
Pengacara Filipina Laporkan Duterte ke Mahkamah Internasional
Pengacara Filipina Laporkan Duterte ke Mahkamah Internasional
A A A
MANILA - Jude Josue Sabio, seorang pengacara di Filipina telah melaporkan Presiden Filipina Rodrigo Duterte ke Mahkamah Pidana Internasional atau ICC. Sabio melaporkan Duterte terkait kebijakan yang diambil Duterte sejak menjabat sebagai Walikota Davao.
Sabio disebut membuat dokumen setebal 77 halaman, di mana dia menuduh Duterte mendalangi sebuah kampanye berskala besar untuk memberantas kriminalitas sejak ia menjabat sebagai walikota Davao City. Dalam periode itu, dilaporkan 9.400 orang tewas dalam kampanye tersebut.
"Situasi di Filipina mengungkapkan sebuah komisi eksekusi ekstradudisial yang mengerikan, menjijikan, dan menakutkan. Pembunuhan massal sudah berlangsung sejak Presiden Duterte menjabat sebagai Walikota Davao City," bunyi aduan Sabio, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (24/4).
Sabio dilaporkan mewakili dua pria yang mengaku dibayar untuk membunuh tersangka narkoba. Namun, dia menegaskan laporan ini dia buat atas kemauannya sendiri, dan bukan atas desakan atau permintaan orang lain.
Duterte seperti diketahui menjabat sebagai Walikota Davao Selatan di Filipina selama lebih dari 22 tahun, sebelum akhirnya menjadi Presiden negara tersebut pada tanggal 30 Juni 2016.
Sesaat setelah menjabat, dia meluncurkan sebuah kampanye anti-narkoba skala besar yang bertujuan untuk menghilangkan kriminalitas di negara tersebut. Polisi telah membunuh ribuan orang selama operasi anti-narkoba, yang kemudian memicu kritik dari pejabat internasional, termasuk Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Zeid Ra'ad Hussein.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4888 seconds (0.1#10.140)