22 Pesawat dan 20 Kapal Perang China Dekati Taiwan

Selasa, 12 September 2023 - 21:05 WIB
loading...
22 Pesawat dan 20 Kapal Perang China Dekati Taiwan
22 pesawat dan 20 kapal perang China dekati Taiwan. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
TAIPEI - Taiwan pada hari Selasa (12/9/2023) mengklaim bahwa mereka mendeteksi 22 pesawat dan 20 kapal perang China , beberapa di antaranya melintasi garis tengah Selat Taiwan .

“22 pesawat PLA (Tentara Pembebasan Rakyat) dan 20 kapal PLAN (Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat) di sekitar Taiwan terdeteksi pada pukul 6 pagi hari ini,” kata Kementerian Pertahanan Taiwan dalam pernyataan singkat yang diposting di situsnya seperti dikutip dari Anadolu.

Kementerian itu menambahkan bahwa 13 pesawat telah melintasi garis tengah Selat Taiwan dan memasuki Zona Informasi Pertahanan Udara (ADIZ) barat daya Taiwan selama 24 jam terakhir.

China, yang menganggap Taiwan sebagai provinsi yang memisahkan diri, tidak mengakui garis tengah atau ADIZ. Namun Taipei bersikeras mempertahankan kemerdekaannya sejak tahun 1949.



“Angkatan Bersenjata telah memantau situasi dan menugaskan pesawat CAP (patroli udara tempur), kapal Angkatan Laut, dan sistem rudal berbasis darat untuk merespons aktivitas ini,” kata Kementerian Pertahanan Taiwan.

Pada hari Senin, Taiwan mengatakan bahwa kapal induk China Shandong telah berlayar 111 kilometer sebelah tenggara Taiwan menuju Pasifik barat.

Shandong adalah kapal induk buatan China yang telah beroperasi sejak 2019.

Dalam beberapa tahun terakhir, PLA telah meningkatkan penargetan militernya terhadap Taiwan. Pesawat-pesawat tempur dan kapal-kapal perang PLA telah dikirim ke ADIZ Taiwan hampir setiap hari, meskipun beberapa minggu terakhir lebih tenang dengan beberapa topan aktif melewati wilayah tersebut.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0933 seconds (0.1#10.140)