Kim Jong-un Tiba di Rusia di Tengah Peringatan AS untuk Tidak Jual Senjata

Selasa, 12 September 2023 - 14:42 WIB
loading...
A A A
“Seperti yang Anda ketahui, saat menerapkan hubungan kami dengan tetangga kami, termasuk Korea Utara, kepentingan kedua negara adalah hal yang penting bagi kami, dan bukan peringatan dari Washington,” kata Peskov seperti dikutip media Rusia.

Belum ada konfirmasi mengenai lokasi pertemuan atau apakah Kim akan menghadiri forum ekonomi tersebut.



Kereta Kim sedang menuju lebih jauh ke utara menuju wilayah Amur, berita Kyodo Jepang mengutip seorang pejabat Rusia yang tidak disebutkan namanya, dan ada kemungkinan dia akan mengadakan pembicaraan dengan Putin di kosmodrom Vostochny di sana.

Susunan delegasi Kim yang mencakup urusan industri pertahanan dan militer, dengan kehadiran Direktur Departemen Industri Amunisi Jo Chun Ryong, menunjukkan agenda yang berat pada kerja sama industri pertahanan, kata para analis.

“Kehadiran Jo Chun Ryong menunjukkan bahwa Korea Utara dan Rusia akan menyelesaikan semacam perjanjian pembelian amunisi,” kata Michael Madden, pakar kepemimpinan Korea Utara di Stimson Center yang berbasis di Washington.

Kim dapat menawarkan peluru artileri dari persediaannya yang besar, yang dapat menambah kemampuan Rusia dalam jangka pendek, namun pertanyaan mengenai kualitas amunisi mungkin membatasi dampak keseluruhannya, kata para analis militer.

Wakil Menteri Luar Negeri Korea Selatan Chang Ho-jin, mantan duta besar untuk Rusia, mengatakan bahwa Moskow berkepentingan untuk mempertimbangkan kedudukan internasionalnya setelah konflik Ukraina dan mengingat bahwa hal tersebut membantu membentuk rezim nonproliferasi saat ini.

“Kerja sama militer akan melanggar resolusi Dewan Keamanan, apa pun yang dilakukan (Rusia) terhadap Korea Utara,” katanya.

Pada hari Senin, Washington memperbarui peringatannya kepada Pyongyang untuk tidak menjual senjata ke Rusia yang dapat digunakan dalam perang Ukraina, dan mendesak Korea Utara untuk mematuhi janjinya untuk tidak menyediakan atau menjual senjata ke Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1040 seconds (0.1#10.140)