Diundang Putin, Pemimpin Korut Kim Jong-un ke Rusia dalam Beberapa Hari

Senin, 11 September 2023 - 20:27 WIB
loading...
Diundang Putin, Pemimpin Korut Kim Jong-un ke Rusia dalam Beberapa Hari
Pemimpin Korut Kim Jong-un dan Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu pada April 2019 di Vladivostok, Rusia. Foto/sputnik
A A A
MOSKOW - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un akan mengunjungi Rusia dalam beberapa hari mendatang atas undangan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menjelaskan hal itu pada Senin (11/9/2023). Terakhir kali Pemimpin Korut Kim Jong-un dan Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu adalah pada April 2019 di Vladivostok.

Ini adalah kunjungan pertama Kim ke Rusia dan pertemuan tatap muka pertama antara kedua pemimpin.

“Atas undangan Presiden Rusia Vladimir Putin, Ketua Urusan Negara Republik Demokratik Rakyat Korea Kim Jong-un akan melakukan kunjungan resmi ke Federasi Rusia dalam beberapa hari mendatang,” ujar pernyataan Kremlin.

“Selama kunjungan Kim ke Rusia, negosiasi antar delegasi dan, jika perlu, pertemuan tatap muka dengan Putin direncanakan,” ungkap juru bicara Kremlin.

Sebelumnya, Dmitry Peskov mengatakan Rusia dan Korea Utara menjaga hubungan baik serta saling menghormati dan kontak terjadi di berbagai tingkatan.

Pada Juli, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un selama kunjungannya ke Pyongyang, dan kedua pejabat tersebut membahas masalah keamanan global dan regional.



Menteri Rusia juga ikut serta dalam parade militer dalam rangka peringatan 70 tahun gencatan senjata dalam Perang Korea tahun 1950-1953.

Perjalanan terakhir pemimpin Korea Utara ke luar negeri juga terjadi di Vladivostok pada 2019, di mana dia mengadakan pertemuan puncak pertamanya dengan Putin.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2085 seconds (0.1#10.140)