Kim Jong-un Tiba di Rusia di Tengah Peringatan AS untuk Tidak Jual Senjata

Selasa, 12 September 2023 - 14:42 WIB
loading...
Kim Jong-un Tiba di Rusia di Tengah Peringatan AS untuk Tidak Jual Senjata
Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, didampingi pejabat pemerintah, meninggalkan Pyongyang untuk mengunjungi Rusia. Foto/KCNA via REUTERS
A A A
MOSKOW - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un telah tiba di Rusia , seperti dikatakan sebuah sumber kepada Reuters, Selasa (12/9/2023). Kremlin menyebut kunjungan Kim Jong-un untuk melakukan diskusi komprehensif dengan Presiden Vladimir Putin.

Kunjungan Kim Jong-un dilakukan di tengah peringatan dari Washington bahwa mereka tidak boleh menyetujui kesepakatan penjualan senjata.

Media pemerintah Korut melaporkan Kim meninggalkan Pyongyang menuju Rusia pada hari Minggu dengan kereta pribadinya, ditemani oleh para pejabat tinggi industri senjata dan militer.



Sumber Rusia yang mengetahui perjalanan tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa Kim tiba di Rusia pada Selasa pagi, meninggalkan keretanya untuk menemui pejabat setempat di Khasan, pintu gerbang kereta utama ke Timur Jauh Rusia, sebelum melanjutkan perjalanan.

Kedatangan Kim juga dilaporkan oleh televisi pemerintah Rusia Rossiya 1, yang menunjukkan sebuah kereta api yang konon membawa pemimpin Korut itu – dengan warna cat hijau zaitun yang khas – melintasi sebuah jembatan.

Kim Jong-un tidak sering bepergian ke luar negeri, hanya melakukan tujuh perjalanan jauh dari negaranya dan dua kali melintasi perbatasan antar-Korea dalam 12 tahun kekuasaannya. Empat dari perjalanan tersebut dilakukan ke sekutu politik utama Korut, China.

“Ini akan menjadi kunjungan penuh,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

“Akan ada negosiasi antara dua delegasi, dan setelah itu, jika perlu, para pemimpin akan melanjutkan komunikasi mereka dalam format satu lawan satu,” Peskov menambahkan seperti dilansir dari Reuters.

Para pejabat Rusia mengatakan diskusi juga dapat mencakup bantuan kemanusiaan ke Korut dan resolusi Dewan Keamanan PBB yang diberlakukan terhadap Pyongyang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2072 seconds (0.1#10.140)