Presiden AS Joe Biden: Saya Tidak Ingin Membendung China

Senin, 11 September 2023 - 17:15 WIB
loading...
Presiden AS Joe Biden: Saya Tidak Ingin Membendung China
Presiden AS Joe Biden mengadakan konferensi pers di Hanoi, Vietnam, 10 September 2023. Foto/REUTERS/Evelyn Hockstein
A A A
HANOI - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan dia tidak ingin “membendung China.” Dia pun mengaku mengadakan pertemuan dengan pejabat tertinggi kedua di Beijing pada KTT G20.

“Saya tidak ingin membendung China,” ujar Biden kepada wartawan pada konferensi pers di Hanoi, Vietnam pada Minggu (10/9/2023).

Dia menjelaskan, “Saya hanya ingin memastikan bahwa kita memiliki hubungan yang baik dengan China, semua orang tahu apa maksudnya.”

Presiden Biden mengungkapkan dia telah berbicara dengan Perdana Menteri (PM) China Li Qiang di sela-sela KTT G20 di New Delhi, India, yang berakhir pada Minggu.

Biden mengatakan mereka berbicara tentang “stabilitas,” dan menambahkan pembicaraan tersebut “sama sekali tidak konfrontatif.”

Beijing sejauh ini belum mengomentari masalah ini. Li mendesak anggota G20 pada Sabtu untuk bekerja sama dalam semangat “persatuan bukan perpecahan, kerja sama bukan konfrontasi, dan inklusi bukan pengecualian.”

Hubungan antara AS dan China telah memburuk secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, dengan para diplomat di kedua belah pihak saling bertukar retorika yang saling bermusuhan dan tuduhan eskalasi.



Pada pertemuan di Jepang pada Mei, Washington dan anggota G7 lainnya menuduh China berupaya “mendistorsi ekonomi global” dan mengintimidasi Taiwan.

China telah mendesak AS dan sekutunya untuk “meninggalkan mentalitas Perang Dingin,” dan mengutuk penjualan senjata Amerika ke Taipei.

Beijing juga mengatakan kontak diplomatik antara AS dan politisi Taiwan melanggar kebijakan Satu China dan merupakan campur tangan dalam urusan dalam negerinya.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0896 seconds (0.1#10.140)